x

Separuh Wajahnya Lumpuh, Chan Peng Soon Tetap Main di Malaysia Masters 2020

Rabu, 18 Desember 2019 19:40 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon, ingin tetap main di ajang Malaysia Masters 2020 meski menderita Bell’s Palsy. Penyakit itu membuat separuh wajahnya tak bisa digerakkan sama sekali.

Chan Peng Soon, yang merupakan tandem Goh Liu Ying, tak mau melewatkan kesempatan kualifikasi Olimpiade 2020 hingga 26 April tahun depan. Dengan mimpi kembali tampil di Olimpiade, Malaysia Masters menjadi salah satu ajang terpenting dalam waktu dekat.

“Untuk saat ini, saya menyatakan tidak akan mundur dari Malaysia Masters 2020. Saya akan terus memperhatikan kondisi saya. Jika berkembang, saya akan mengambil risiko demi bisa tampil di Olimpiade,” ucap Chan dilansir dari Badminton Planet.

Baca Juga

“Saya sedang menjalani perawatan, dan setidaknya butuh enam hingga delapan pekan untuk pulih. Saat ini, saya masih belum bisa menutup mata kiri. Namun, dokter tetap memperbolehkan saya untuk latihan ringan,” lanjutnya.

Penyakit Bell’s Palsy yang dialami Chan sendiri muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang menurun. Penurunan sistem kekebalan itu diakibatkan oleh terlalu lelah dan tertekan setalah mengikuti turnamen BWF sepanjang 2019.

Baca Juga

Namun, mengikuti anjuran dokter, Chan akan mulai kembali berlatih pada 23 Desember mendatang. Persiapannya tergolong bisa panjang karena Malaysia Masters masih tiga pekan lagi, yakni 7 hingga 12 Januari 2020.

Saat ini, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying masih berada di urutan keenam Kualifikasi Olimpiade 2020 (per awal Desember 2019). Sejauh ini, prestasi tertinggi keduanya ialah meraih medali perak di Olimpiade Rio 2016.

MalaysiaOlimpiade 2020Chan Peng Soon/Goh Liu YingGoh Liu YingBulutangkisMalaysia Masters 2020Berita Bulutangkis

Berita Terkini