x

Sempat Berpasangan, Hendra Setiawan Akui Belajar Tentang Ini dari Legenda Malaysia

Kamis, 6 Agustus 2020 19:54 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pebulutangkis ganda putra peringkat 2 dunia, Hendra Setiawan mengakui belajar banyak dari eks rekan duetnya asal Malaysia, Tan Boon Heong,

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis ganda putra peringkat 2 dunia, Hendra Setiawan mengakui belajar banyak dari eks rekan duetnya asal Malaysia, Tan Boon Heong pada saat dulu mereka berpasangan.

Sebelum berpasangan kembali dengan Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan sempat berpasangan dengan pemain Malaysia, yakni Tan Boon Heong pada tahun 2017 setelah kedua pemain sama-sama meninggalkan Pelatnas masing-masing.

Baca Juga
Baca Juga

Hendra Setiawan memutuskan keluar dari Pelatnas Cipayung, sementara Tan Boon Heong tak lagi menjadi bagian dari Pelatnas Malaysia. Sama-sama tak memiliki pasangan, kedua pebulutangkis ganda putra beda negara itu akhirnya berpasangan.

Ketika ditanyai oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) tentang bagaimana pengalamanya yang dirasakannya saat berpasangan dengan pebulutangkis ganda putra yang pernah menempati peringkat 1 dunia, Hendra Setiawan mengakui kalau dirinya banyak mencuri pelajaran dari wakil Malaysia, salah satunya bagaimana caranya bertahan dengan baik.

"Itu pasti saya punya pengalaman sendiri ya. Apalagi dia (Tan Boon Heong) pemain yang bagus juga, terutama dengan Malaysia itu, defensenya bagus sih, jadi saya banyak belajar dari dia bagaimana defense yang baik dan benar, ha ha ha," kata Hendra Setiawan dilansir dari akun Youtube resmi BWF.

Sebagai pasangan beda negara yang bertanding atas nama pribadi atau dengan biaya sendiri, cukup banyak turnamen yang kala itu diikuti Hendra Setiawan/Tan Boon Heong selama kebersamaannya di tahun 2017.

Di awali di Turnamen Syed Modi International pada akhir Januari, kala itu Hendra Setiawan/Tan Boon Heong cukup tampil lumayan dengan melaju hingga perempatfinal. Sebelum dikalahkan pasangan Denmark yang kemudian menjadi juara, Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Sayang setelah debut yang lumayan baik itu, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong justru gagal tampil lebih meyakinkan d beberapa turnamen setelahnya. Saat mereka selalu tersingkir di putaran pertama atau kedua.

Baru kemudian di turnamen kesembilan yang mereka lalui sebagai pasangan ganda putera, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong bisa Kembali berbicara banyak, melaju hingga semifinal di China Master 2017.

Namun di kompetisi yang berlangsung pada pertengahan April 2017 itu, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong juga harus mengaku kalah dari pasangan yang kelak menjadi juara, Cheng Hung Ling/wang Chi-lin (Chinese Taipei).

Baca Juga
Baca Juga

Kembali gagal di putaran pertama atau kedua di turnamen selanjutnya, prestasi terbaik Hendra Setiawan/Tan Boon Heong kemudian terukir. Ketika mereka bisa melaju hingga final Australia Open 2017, sebelum kalah dari Takeshi Kamura/Keigo Sonoda asal Jepang.

Dengan total 18 turnamen yang mereka jalani bersama sepanjang tahun 2017, tak ada satupun gelar juara yang bisa didapat Hendra Setiawan/Tan Boon Heong sebagai pasangan beda negara.

Hendra SetiawanMalaysiaTan Boon HeongHendra Setiawan/Tan Boon HeongBulutangkisBerita OlahragaBerita SportBerita BulutangkisTim Bulutangkis Indonesia

Berita Terkini