x

Karen Foo Kune, Ratu Bulutangkis Afrika yang Kini Jadi Politisi Mauritius

Jumat, 7 Agustus 2020 08:46 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM – Karen Foo Kune, mantan ratu bulutangkis Afrika yang kini menjadi politikus di negeri asalnya, Mauritius.

Benua Afrika memang belum terlihat gaungnya di panggung bulutangkis dunia. Namun sederet nama dari benua tersebut sempat unjuk gigi dan menarik perhatian para pencinta bulutangkis. Salah satunya adalah Karen Foo Kune.

Wanita bernama lengkap Eileen Karen Lee Chin Foo Kune ini adalah sosok yang populer di negaranya, tak hanya di bidang olahraga tapi juga di politik.

Baca Juga
Baca Juga

Karen berasal dari keluarga bulutangkis. Sang ibu, Cathy dan ayah Jacques, merupakan mantan pebulutangkis yang bermain rangkap. Usai karier bulutangkisnya, Cathy menjadi anggota Badan Olahraga Mauritius.

Selain Karen, darah bulutangkis dari sang ibu juga menurun ke sang adik, Kate Foo Kune. Kate yang masih menjadi pebulutangkis aktif, kini berupaya untuk lolos ke Olimpiade Tokyo tahun depan.

Ratu Olahraga Mauritius

Kiprahnya di bulutangkis membuat Karen menjadi salah satu atlet wanita paling top dari Benua Afrika. Ia sering menjadi atlet wanita satu-satunya dari Afrika yang berpartisipasi di turnamen internasional.

Sejumlah gelar turnamen pernah dipegangnya, yakni Uganda International 2009, Mauritius International 2010, dan Kenya International 2002.

Bermain rangkap, perempuan kelahiran 1982 ini membawa Mauritius memborong sederet medali di kejuaraan Afrika, seperti perunggu beregu di All-Africa Games 2011, perak ganda putri di African Championships 2007, serta perak beregu putri di Africa Team Championships 2006.

Karen juga pernah mewakili Mauritius dalam Olimpiade Beijing 2008 dan beberapa kali berpartisipasi di Commonwealth Games.

Baca Juga
Baca Juga

Ia pernah mencatat peringkat 81 BWF di tunggal putri dan peringkat 69 di ganda putri sebagai torehan ranking terbaiknya.

Berkat pencapaiannya di bulutangkis, Karen Foo Kune didapuk sebagai ratu olahraga Mauritius. Dua kali ia menjadi Atlet Wanita Mauritius Terbaik, yakni pada 2004 dan 2009.


1. Banting Setir ke Politik

Karen Foo Kune, mantan pebulutangkis Mauritius yang kini jadi politisi.

Usai tak lagi bertanding, Karen Foo Kane mulai menjajal peran dalam dunia politik. Wanita yang berkuliah di Australia itu menjadi salah satu perwakilan komite yang mendampingi atlet Mauritius di Olimpiade Rio 2016.

Karen juga terjun di bidang sosial sejak 2010, seperti terlibat dalam gerakan yang menginisiasi anak-anak untuk terus berlatih bulutangkis.

Lalu ia bergabung dengan Mouvement Militant Mauricien (MMM), partai sayap kiri di Mauritius. Bersama Partai MMM, Karen terpilih menjadi anggota Parlemen Kaukus Gender sejak 2019.

Dalam karier politiknya, wanita berdarah China ini fokus kepada isu kesetaraan gender dan kesejahteraan keluarga.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai salah satu publik figur berpengaruh di Mauritius, kehidupan Karen Foo Kane selalu mendapat sorotan, termasuk kisah cintanya.

Mengutip 5plus.mu, Karen melangsungkan pernikahan beda agama dengan Ruben Bacha, pria keturunan India yang merupakan direktur perusahaan merek motor mewah Ruben Racing pada Juli lalu.

profilMauritiusBulutangkisBerita BulutangkisKate Foo KuneKaren Foo Kune

Berita Terkini