x

Ash Barty Catat Rekor Kemenangan Brutal pada Australian Open 2021

Rabu, 10 Februari 2021 17:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Petenis asal Australia, Ashleigh Barty.

INDOSPORT.COM - Petenis putri nomor satu dunia, Ashleigh Barty, mencatat rekor kemenangan brutal saat mengawali perjalanannya di ajang Australian Open 2021.

Petenis berusia 24 tahun tersebut hanya membutuhkan waktu 44 menit untuk menyingkirkan pemain nomor 82 dunia, Danka Kovinic pada pertandingan babak pertama Australian Open, Selasa (09/02/21) waktu setempat.

Baca Juga
Baca Juga

Menariknya, Ash Barty memetik kemenangan dengan skor yang tak terduga. Ya, dia mengalahkan Kovinic lewat permainan dua set secara klinis 6-0, 6-0.

Skor ‘Double Bagel’ yang diraih Ash Barty ini sangatlah luar biasa. Dilansir dari Yahoo Sports, ini menandai pertama kalinya seorang pemain lokal menang di Australia Open tanpa kebobolan satu poin pun sejak Wendy Turnbull pada 1985.

Tiga puluh lima tahun silam, Turnbull mencetak rekor tersebut dalam dua pertandingan beruntun. Dia mengalahkan Susan Leo di babak pertama 6-0, 6-0 dan  Liz Smylie di babak kedua dengan skor yang sama.

Akan tetapi, prestasi yang diraih Barty ini menjadi yang pertama dalam 33 tahun sejak Australia Open dipindah lokasi ke Melbourne Pak, dan hanya berselang tiga tahun setelah rekor Turnbull

Selain itu, ini menandai kedelapan kalinya di era Open, di mana unggulan wanita no.1 mencetak double bagel di babak pembuka Grand Slam, dan hanya kedua di Australian Open.

Dinara Safina terakhir kali meraih prestasi ini di Prancis Terbuka pada 2009, sementara Justin Henin terakhir melakukannya di Australian Open 2004.

Skor impresif di  babak pertama Australian Open 2021 ini menandai kembalinya Barty yang telah absen dari turnamen tenis internasional dalam 11 bulan terakhir.

Lebih dari itu, kemenangan Barty itu juga membuka jalan bagi para pemain Australia lainnya untuk menang di babak pertama. Tercatat ada 12 pemain termasuk Barty yang memastikan lolos  ke babak dua, di mana ini kali pertamanya terjadi sejak 1992.

Baca Juga
Baca Juga

Selain Ash Barty, 11 pemain lainnya yakni Samantha Stosur, Daria Gavrilova, Thanasi Kokkinakis, Nick Kyrgios, Alex Bolt, Bernard Tomic, James Duckworth,  Ajla Tomljanovic, Alex de Minaur, Chris O’Connell dan Alexei Popyrin.

Selanjutnya, Ash Barthy akan menghadapi rekan senegaranya, Daria Gavrilova, di babak kedua Australian Open yang akan berlangsung Kamis (11/02/21) besok.

AustraliaAustralia OpenTenisAsh BartyBerita TenisAustralian Open 2021

Berita Terkini