x

Tiga Pebulutangkis Andalan Inggris Dicabut dari Fasilitas Kepelatihan Pelatnas, Ada Apa?

Jumat, 29 Oktober 2021 13:54 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM – Berselisih pasca Olimpiade Tokyo, 3 pebulutangkis Inggris yaitu Marcus Ellis, Lauren Smith, dan Chloe Birch ditarik dari dukungan kepelatihan pelatnas negaranya.

Melansir laman Daily Mail pada Jumat (28/10/21), ketiga pemain tersebut telah ditarik dari fasilitas pelatihan nasional setelah melayangkan kritik tajam terhadap budaya di pelatnas Inggris yang dianggap ‘kurang sehat’.

Awalnya, ketiga pebulutangkis anadalan itu mencoba memulai pembicaraan dengan pelatih kepala Pete Jeffrey dan pelatih nasional Nathan Robertson.

Inti dari perbincangan itu adalah ketika Marcus Ellis, Lauren Smith, dan Chloe Birch mengungkapkan kekhawatiran lama tentang lingkungan ‘kurang sehat’ di Pusat Bulu Tangkis Nasional di Inggris.

Selain itu mereka juga mengkhawatirkan kesejahteraaan mental para pemain di pelatnas. Namun disebutkan dalam Daily Mail bahwa seorang sumber mengklaim Jeffrey dan Robertson tidak menghadiri pertemuan tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Sehari kemudian, ketiga pemain pelatnas Inggris tersebut diberitahu melalui email bahwa mereka tidak dapat menggunakan fasilitas kepelatihan dari pelatnas di Inggris.

Federasi Bulutangkis Inggris juga membutuhkan waktu untuk kembali mengupayakan langkah lain demi memulai hubungan professional dan kepercayaan kembali.

Baca Juga
Baca Juga

Keputusan tersebut tentunya cukup merugikan ketiga pemain terbaik Inggris tersebut yang tengah bersiap menuju Kejuaraan Dunia Desember mendatang.

Untuk saat ini, Marcus Ellis/Lauren Smith memperkuat sektor ganda campuran Inggris dan berada di peringkat 7 dunia. Sementara Lauren Smith/Chloe Birch berada di peringkat ke 13 sektor ganda putri.


1. Marcus Ellis/Chris Langridge Pernah Kritik Federasi

Marcus Ellis/Chris Langridge pernah mengkritik federasi bulutangkis Inggris paska dicoret dari keikutsertaannya di Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelumnya, Marcus Ellis/Chris Langridge yang merupakan peraih medali perunggu di Olimpiade Rio 2016 itu dikeluarkan dari skuat Olimpiade Tokyo oleh pelatnas Inggris.

Atas keputusan itu , Marcus Ellis/Chris Langridge mengungkapkan borok federasi Inggris yang menyebut bahwa mereka diperlakukan secara tak adil.

Lebih lanjut, Chris Langridge mengklaim bahwa lingkungan Federasi Bulutangkis Inggris sudah tak sehat, bahkan secara gamblang menyebut situasi tersebut bak lumpur yang kotor.

"Semua atlet yang bersiap untuk Olimpiade sekarang berada di lingkungan yang tidak bersahabat. Separuh dari kami bahkan tidak dapat berkomunikasi satu sama lain karena airnya begitu berlumpur," ungkap Chris Langrigde melansir BBC.

Chris Langridge tak segan menyebut keputusan tunduk kepada federasi sebagai langkah keliru. Kesejahteraan atlet tidak diprioritaskan.

InggrisBulutangkisBerita BulutangkisMarcus Ellis/Lauren SmithMarcus Ellis/Chris Langridge

Berita Terkini