x

Keren! Pukulan Daniel Marthin Masuk Smash Tercepat di Dunia, Susul Axelsen dan Ginting

Kamis, 2 Februari 2023 12:36 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Jawara Indonesia Masters 2023, Daniel Marthin, mencatatkan namanya dalam daftar pemilik smash tercepat di dunia, menyusul Viktor Axelsen dan Anthony Ginting.

INDOSPORT.COM – Jawara Indonesia Masters 2023, Daniel Marthin, mencatatkan namanya dalam daftar pemilik smash tercepat di dunia, menyusul Viktor  Axelsen dan Anthony Sinisuka Ginting.

Daniel Marthin yang berpasangan dengan Leo Rolly Carnando berhasil menjuarai gelar ganda putra di ajang Indonesia Masters 2023 pekan lalu.

Leo/Daniel – demikian sapaan akrab pasangan tersebut – meraih gelar usai mengalahkan pasangan China, He Ji Ting/Zhou Haodong, di partai final dengan skor 21-17 dan 21-16.

Selain meraih gelar juara, Leo/Daniel ternyata menorehkan juga mampu catatan apik. Yakni, pukulan smash keras Daniel Marthin yang masuk rekor dunia.

Namun pukulan smash Daniel Marthin ini ditorehkan bukan di final Indonesia Masters, melainkan di babak semifinal saat bertemu Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang.

Baca Juga

Pada set penentuan, Leo/Daniel yang sudah dalam posisi unggul melakukan serangan membabi-buta sehingga membuat Hoki/Kobayashi kewalahan.

Dengan Leo lebih sering berjaga di depan, Daniel Marthin kerap menggempur pertahanan eks ganda putra no. 1 dunia itu dengan smash-smash kerasnya.

Baca Juga

Salah satu pukulan Daniel Marthin inilah yang tercatat dalam buku rekor pemilik smash tercepat di dunia karena kecepatannya mencapai 400 kph (kilometer per hour atau kilometer per jam).  

Sejatinya, catatan smash Daniel Marthin tersebut masih kalah jauh dari yang ditorehkan sang pebulu tangkis saat tampil di final Hylo Open 2023 Super 300.

Menghadapi seniornya sendiri, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon, Daniel Marthin membuat smash dengan kecepatan 415 kph yang mengarah ke Marcus Gideon.

Kendati membuat rekor smash 415 kph, Leo/Daniel kalah straight game dari Marcus/Kevin dengan skor 14-21, 19-21.

Baca Juga

1. Punya Smash 'Petir', Daniel Marthin Susul Axelsen dan Ginting

Tunggal putra Indonesia Anthony Ginting dikalahkan tunggal putra China Shi Yu Qi pada babak 16 besar Indonesia Masters 2023 di Istora Senayan, Kamis (26/01/23).

Smash Daniel Marthin di Hylo Open 2022 tersebut berhasil melewati catatan milik Lee Chong Wei asal Malaysia yang sebelumnya mempunyai kecepatan 405 km/jam.

Nah, smash ini membuat Daniel Marthin menyusul nama-nama pebulu tangkis yang memiliki rekor smash lebih cepat darinya. Termasuk Anthony Sinisuka Ginting dan Viktor Axelsen.

Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putra Indonesia satu ini dikenal dengan kemampuan mengecoh lawan lewat permainan netting. Tapi, siapa sangka dia juga pernah membuat smash rekor dunia.

Anthony Ginting sempat gegerkan Singapore Open 2022 lewat smash kencangnya dengan kecepatan 417 kph. Ng Tze Yong (Malaysia) jadi korban smash Ginting ini.

Sementara itu, Viktor Axelsen mencatat pukulan smash lebih cepat dari Ginting. Tunggal putra no.1 dunia ini membuat smash dengan kecepatan 419 kph, lebih baik dari sebelumnya 404 kph.

Baca Juga

Smash 419 kph ini dibuat Axelsen saat menghadapi Kento Momota di final All England 2019. Sejauh ini, smash ini jadi rekor tercepat di sektor tunggal putra.

Namun demikian, Viktor Axelsen bukanlah yang terhebat dalam membuat smash secepat kilat. Bahkan Daniel Marthin sebagai spesialis ganda putra masih kalah dari pemain Denmark, Mads Pieler Kolding.

Ganda putra asal Denmark ini pernah membuat smash berkecepatan 426 kph ketika bertanding pada laga Badminton Premier League di India, 10 Januari 2017.

Baca Juga

Sementara itu, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin selepas menjuarai Indonesia Masters 2023 melanjutkan perjuangannya ke Nimibutr Arena dengan mengikuti Thailand Masters 2023 Super 300. 

Melaju ke babak 16 besar, Leo/Daniel akan menghadapi wakil Chinese Taipei,  Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan, pada hari ini, Kamis (02/02/23). 

The Babies - julukan Leo/Daniel di atas kertas lebih unggul secara peringkat. Namun mereka belum bisa meraih satu kemenangan dalam dua pertemuan melawan Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan.

Dua pertandingan keduanya terjadi di ajang Denmark Open 2021 dan Vietnam International Challenge 2019. Namun, laga di Thailand Masters 2023 harusnya bisa menjadi kesempatan Leo/Daniel untuk revans.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingViktor AxelsenBulutangkisDaniel MarthinLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisIndonesia Masters 2023

Berita Terkini