AFF Berbenah

Asean Bidik PD 2034

Minggu, 30 Maret 2014 02:00 WIB
Editor: Irfan Fikri
 Copyright:

Sekretaris Jenderal Asean Football Federation (AFF) Dato' Azzuddin Ahmad, dalam kongres tahunan di Medan, mengatakan, pihaknya  terus berupaya agar sepak bola di Asean terus berkembang.

Beberapa upaya dilakukan, antara lain, memperbanyak kompetisi antar negara maupun antar klub, agar upaya memperjuangkan pelaksanaan Piala Dunia tahun 2034 di negara Asean dapat terwujud.

"Ini adalah salah satu hasil rekomendasi dalam kongres tahunan AFF di Medan ini. Selanjutnya rekomendasi ini akan diajukan kepada pemerintah masing-masing sebagai bahan pertimbangan," kata dia.

Menurut ia, menjadi tuan rumah Piala Dunia dinilai memiliki arti yang sangat penting dalam upaya pengembangan sepak bola di negara-negara anggota AFF, agar dapat bersaing dengan negara-negara lainnya terutama di Eropa dan Amerika Latin.

Ketua PSSI Pusat Djohar Arifin Husein mengatakan, selain merekomendasikan negara anggota AFF dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, kongres tersebut juga menghasilkan beberapa keputusan lainnya.

Diantaranya akan menggelar AFF -19 Women's Championship, Agustus 2014 di Thailand, AFF Futsal Championship, September 2014 di Malaysia, AFF Suzuki Cup 2015, Vietnam dan beberapa turnamen mini lainnya.

"Berbagai keputusan dalam kongres AFF di Medan ini merupakan salah satu upaya agar pesepakbolaan di Asean dapat lebih maju dan lebih berperan dalam kancah internasional," katanya.

Kongres tahunan AFF ke-21 di Medan di digelar mulai 28-30 Maret 2014, yang diikuti 12 negara anggota dan dibuka langsung ketua AFF Dato' Ahmad Shah.

Kongres tersebut membahas berbagai program untuk setahun kedepan dan juga melakukan evaluasi terhadap program yang telah dilaksanakan setahun sebelumnya.