Piala Dunia Brasil 2014

Ban Ki Moon Enggan Berpihak ke Korsel

Selasa, 17 Juni 2014 21:13 WIB
Penulis: Irfan Fikri | Editor:
 Copyright:

Ban Ki Moon mengaku kesulitan saat wartawan menanyakan tim favoritnya pada Piala Dunia tahun ini, termasuk kepada Korea Selatan yang akan jalani laga perdana melawan Rusia, dini hari nanti.

"Itu merupakan pertanyaan yang sangat rumit, sangat sensitif bagi saya," kata petinggi PBB itu kepada para pewarta, sambil tertawa kecil, ketika didesak tim favoritnya.

"Saya mungkin tidak menyembunyikan sentimen saya dan mendukung tim Korea. Namun sebagai Sekjen, akan sangat penting bagi saya untuk tidak memihak. Saya mendukung semua tim yang berpartisipasi di Piala Dunia," tegas ia.

Pada laga perdana di Grup , Korsel akan melawan Rusia di Cuiaba, Brasil dini hari nanti. Ban mengatakan dirinya menemukan cara efektif untuk tetap menjaga netralitas sebagai warga Korsel.

“Untuk menjaga netralitas saya, saya memilih tidak menyaksikan pertandingan. Saya akan mendapat laporan dari staf saya pada besok pagi,” ucap ia.

Korsel adalah tim Asia pertama yang pernah mencapai semifinal Piala Dunia, ketika mereka menjadi tuan rumah bersama dengan negara tetangganya Jepang pada 2002.

“Saya mendoakan yang terbaik untuk semua tim. Olahraga merupakan kekuatan luar biasa untuk secara spontan menyatukan banyak orang,” tutup ia.