Skuad Argentina Sumbang Bonus Piala Dunia Untuk Rumah Sakit Kanker

Kamis, 17 Juli 2014 23:26 WIB
Penulis: Zaenudin Firdaus | Editor: Raditya Adi Nugraha
 Copyright:

Gagal membawa gelar juara, skuad Argentina lebih memilih untuk menyalurkan bonus yang didapat dari Federasi Sepakbola Argentina (AFA) sebagai juara kedua Piala Dunia 2014 untuk disumbangkan ke sebuah rumah sakit kanker di Kota Buenos Aires.

Tim nasional Argentina berhak menerima uang sebesar AS$ 135 ribu atau setara Rp1,58 miliar (kurs Rp11.734) dari AFA setelah finis sebagai runner-up di Piala Dunia. Di final, Albiceleste harus kalah tipis 0-1 dari Jerman.

Seperti dilansir oleh 101 Great Goals, kapten Lionel Messi dan Javier Mascherano memimpin rekan-rekan setimnya untuk menyalurkan bonus tersebut. Seluruh donasi rencananya akan diserahkan melalui Lionel Messi Foundation kepada pusat kanker pediatric di RS Garrahan, Buenos Aires. Sebelumnya, yayasan yang sama juga pernah memberikan sumbangan uang kepada rumah sakit tersebut. 

Uang bonus Piala Dunia itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik bagi anak-anak penderita kanker di rumah sakit yang memiliki 20 kinik, 70 tempat tidur untuk rawat inap, dan 20 tempat tidur untuk perawatan kemotrapi berkelanjutan, dengan total luas bangunan sebesar 4.800 meter persegi.

Selama penyelenggaraan Piala Dunia 2014, bonus Piala Dunia dan penggunaannya sempat menjadi sumber masalah bagi negara-negara peserta yang berasal dari benua Afrika seperti Ghana dan Kamerun yang bonusnya sempat ditangguhkan.