Martino Terdepan Jadi Pelatih Argentina

Jumat, 8 Agustus 2014 05:36 WIB
Editor: Jhon Purba
 Copyright:

Badan Sepakbola Argentina (AFA) menyatakan akan segera mengumumkan nama pelatih. Sekjen AFA Miguel Silva mengatakan sudah menjalin komunikasi dengan Martino.

“Kandidat pertama kami adalah Martino. Jika setuju soal aspek ekonomi dan kesepakatan itu diterima kedua belah pihak, maka Martino akan menjadi pelatih baru," kata Sekjen AFA Miguel Silva.

AFA bergerak cepat untuk mencari pengganti Alejandro Sabella yang memutuskan mundur usai Piala Dunia 2014. Sabella gagal di final Piala Dunia 2014 usai Argentina kalah 0-1 dari Jerman dalam perpanjangan waktu.

Sebelum pernyataan AFA, Martino bersaing dengan Jose Pekerman dan Diego Simeone. Simeone yang membawa Atletico Madrid menjuarai Liga Spanyol menyatakan penolakan. Sedang Pekerman diperkirakan menyimpan target besar lebih dari membawa Kolombia di perempatfinal Piala Dunia 2014.

Meski gagal total di Barcelona, AFA menilai kapasitas Martino layak memimpin Argentina. Nama Martino yang lahir di Rosario, 51 tahun lalu, pernah melambung bersama Paraguay.

Sepanjang 2006-2011 di Paraguay, kinerja Martino diapresiasi berkat kesuksesan membawa Paraguay menyentuh perempatfinal Piala Dunia 2010 dan final Copa America 2011.

Bila resmi menjadi pelatih, Martino kemungkinan tidak akan terlalu mendapat perlawanan dari pemain Argentina. Kapten Argentina Lionel Messi dan wakil kapten Javier Mascherano pernah bersentuhan langsung dengan Martino di Barcelona sepanjang Juli 2013 sampai 17 Mei 2014.

2