Miroslav Klose Pensiun dari Timnas Jerman

Selasa, 12 Agustus 2014 07:38 WIB
Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Klose adalah top scorer tim nasional Jerman. Dia menyumbangkan 71 gol dlam 137 penampilan internasional. 

"Saya senang dan bangga sudah memberi kontribusi untuk kesuksesan luar biasa sepakbola Jerman," ucap Klose yang dikutip BBC, yang berkarier selama 13 tahun untuk Die Mannschaft.

Klose yang lahir di Polandia, mencetak dua gol di Brasil dan membuat dirinnya menjadi pencetak gol terbanyak putaran final Piala Dunia. Selama empat putaran final, Klose mencetak 16 gol atau satu gol lebih banyak ketimbang raihan Ronaldo, striker Brasil pemegang rekor sebelumnya.

Setelah memastikan Juara Dunia keempat bagi Jerman, Klose menjadi anggota skuad Joachim Loew yang gantung sepatu, setelah kapten Philipp Lahm menyatakan pensiun dari laga-laga internasional pada bulan lalu.

"Meraih predikat juara di Brasil adalah impian masa anak-anak yang menjadi kenyataan," tutur Klose seperti dirilis Federasi Sepakbola Jerman (DFB). 

Klose melakukan debut bersama Jerman pada 2001. Dia memastikan pemecahan rekor Gerd Mueller yang telah bertahan 40 tahun pecah pada Juni 2014, setelah mencetak total 68 gol bagi Jerman. 

"Ketika saya bertemu Miro (Klose) pekan lalu dia bilang telah memikirkan masak-masak (untuk pensiun) dan berbicara dengan keluarganya," kata Joachim Loew. "Saya bisa merasakan bahwa keputusan dia tak bisa diubah dan saya tak bisa meyakinkan dia untuk mengubah keputusannya."

"Anda selalu bisa mengandalkan Miro untuk memenuhi apa yang dia ucapkan dan apa yang terjadi Brasil adalah buktinya," sambung Loew keudian. "Saya sangat menghormati keputusan Miro seperti karier luar biasanya bersama timnas adalah sesuatu yang sulit untuk disamai."

940