Gerardo Martino Latih Timnas Argentina

Rabu, 13 Agustus 2014 11:19 WIB
Penulis: Joko Sedayu | Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Timnas Argentina tidak butuh waktu lama untuk mencari pelatih baru setelah Alejandro Sabella memutuskan mundur. Kini Federasi Sepakbola Argentina (AFA) menunjuk Gerardo Martino sebagai pelatih baru Albiceleste untuk ajang Copa America 2015 di Chile.

Martino menggantikan Sabella yang mundur karena tidak ingin memperpanjang kontraknya. Kontrak Sabella habis usai Piala Dunia Brasil 2014, di mana Argentina keluar sebagai runner-up karena kalah 0-1 dari Jerman di final.

Nama Martino mulai melejit pada musim panas 2013 ketika Barcelona menunjuknya sebagai pelatih untuk menggantikan almarhum Tito Vilanova. Sayangnya pelatih 51 tahun itu gagal membawa Blaugrana mencatat prestasi, kecuali Piala Super Spanyol 2013.

Martino meraih 40 kemenangan dari 59 pertandingan sebagai pelatih Barcelona, namun harus finis di peringkat kedua La Liga Spanyol, kalah bersaing dengan Atletico Madrid yang menjadi juara. Klub asal Catalan itu juga tersingkir di perempatfinal Liga Champions dan kalah di final Copa del Rey.

Melatih tim nasional juga bukan hal baru bagi Martino. Sebelumnya pelatih yang biasa disapa Tata itu melatih timnas Paraguay pada periode 2006 hingga 2011. Martino kemudian melatih klub besar Argentina, Newell's Old Boys hingga 2013.

Martino akan menjalani tugas pertamanya sebagai pelatih timnas Argentina dalam pertandingan persahabatan melawan Jerman pada 3 September 2014.

994