Piala Afrika 2019 Berlangsung di Kamerun

Minggu, 21 September 2014 04:25 WIB
Editor: Jhon Purba
 Copyright:

Selain edisi 2019, Konfederasi Sepakbola Afrika juga mengumumkan tuan rumah Piala Afrika 2021 dan 2023, yaitu Pantai Gading dan Guinea.

Kamerun pernah menggelar Piala Afrika 1972 dan Pantai Gading pada edisi 1984 saat Piala Afrika masih berformat 16 negara atau setengah dari peserta Piala Afrika terkini. Sedang Guinea belum pernah menjadi tuan rumah.

Algeria dan Zambia memilih keluar dari proses pemilihan, namun Algeria diharapkan untuk menjadi tuan rumah edisi 2017 untuk menggantikan Libya. Bulan lalu, Libya mengundurkan diri akibat perselisihan sipil dan status Libya akan diputuskan pada akhir tahun ini.

Untuk menggelar Piala Afrika, Kamerun menawarkan beberapa kota, antara lain Bafoussam, Douala, Garoua dan Yaounde. Pantai Gading mengajukan Abidjan, Bouake, Korhogo, San Pedro dan ibukota Yamoussoukro sebagai venue.

Guinea yang masih dilanda krisis luar biasa akibat virus ebola menunjuk Conakry, Kankan, Labe dan Nzerekore sebagai tempat penyelenggaraan. Pesta sepakbola Afrika untuk edisi terdekat akan berlangsung di Maroko, 17 Januari hingga 8 Februari 2015.