Menpora Saran U-19 Dipisah

Rabu, 15 Oktober 2014 04:28 WIB
Editor: Irfan Fikri
 Copyright:

Roy Suryo menuding kegagalan timnas U-19 di ajang Piala Asia 2014 disebabkan oleh kejenuhan tim yang telah lama selalu bersama-sama. Ia lantas merekomendasikan agar Evan Dimas dkk dibiarkan berkarier dengan klub masing-masing agar mendapat suasana baru.

"Meskipun saya percaya penuh pada PSSI, saya merekomendasikan agar para atlet berkarir dulu di klub masing-masing atau kalau mau dibentuk klub baru mereka tidak disatukan dalam satu tim yang sama," kata Roy Suryo.

Menpora mengatakan hasil pertandingan terakhir Timnas Indonesia U-19 melawan Uni Emirat Arab 1-4 di Piala Asia 2014 sudah tidak dapat diukur karena mental para pemain timnas tidak sama.

"Saya tidak mau menyalahkan pemain karena mereka sudah berjuang memberikan yang terbaik. Kekalahan beruntun ini membuat kami harus mengevaluasi total," katanya.

Mantan anggota Komisi I DPR RI itu menyebut waktu puncak bagi Timnas Indonesia U-19 telah lewat ketika mereka bermain di Turnamen Hasanah Bolkiah.

"Itu sebagai pengganti ketika mereka seharusnya bermain di turnamen COTIF Spanyol," katanya.

Roy Suryo mengatakan ada sedikit kekecewaan dari para pemain Timnas U-19 karena tidak bermain di Spanyol tapi justru ke Brunei.

"Jangan disebut saya menyalahkan karena PSSI mengikuti keinginan para pemain. Setelah dari Brunei, mereka ingin ke Spanyol dan akhirnya dikirim ke Spanyol. Sayangnya, stamina kemudian berkurang," kata politisi Partai Demokrat itu.

Timnas Indonesia U-19 pulang dari Piala Asia 2014 tanpa poin setelah pada pertandingan terakhir Grup B di Wunna Theikdi Stadium, Nay Pyi Taw, Myanmar, Selasa, kalah dari Uni Emirat Arab (UEA) 1-4.

Dengan kekalahan ini, Timnas Garuda Jaya mengalami tiga kali kekalahan beruntun dan harus tertahan di dasar klasemen Grup B dengan nol poin dari tiga pertandingan dan dipastikan gagal melaju ke putaran berikutnya.

Sementara, Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menilai hasil kejuaraan Piala Asia 2014 di Myanmar sangat bermanfaat untuk perkembangan tim karena semua pemain bisa belajar banyak pada kejuaraan yang diikuti tim-tim terbaik Asia itu.

"Mudah-mudahan mereka dapat tumbuh dengan baik. Makanya kami berharap klub bisa memberikan kesempatan pada pemain muda ini terus berkembang," kata pelatih asal Sumatra Barat itu.