Maroko Didiskualifikasi dari Piala Afrika

Selasa, 11 November 2014 22:56 WIB
Penulis: Riki Ilham Rafles | Editor: Jhon Purba
 Copyright:

Sedianya Maroko akan menjadi tuan rumah, namun belakangan tersiar kabar mereka mengundurkan diri. Seperti dilansir Guardian, pengunduran diri Maroko dari tuan rumah Piala Afrika terkait dengan kasus penyebaran virus Ebola yang semakin mengganas.

Penyebaran virus Ebola tahun ini semakin meluas di Afrika, khususnya di daerah Afrika barat. Tercatat hampir 5.000 orang yang menjadi korban keganasan virus ini. Menurut laporan PBB, negara-negara seperti Guinea, Sierra Leone dan Liberia menjadi epidemi virus yang mematikan itu.

Maroko telah mengajukan usul kepada CAF untuk mengundur tanggal penyelenggaraan Piala Afrika karena menganggap kasus kesehatan tidak bisa dihindari. Namun CAF memiliki keputusan lain. Mereka menegaskan kejuaraan harus berlanjut dan menjatuhkan sanksi kepada Maroko karena dianggap tidak mematuhi peraturan.

Kabar yang berkembang belakangan, CAF sedang melakukan pendekatan kepada Ghana dan Afrika Selatan untuk menjadi pengganti Maroko. Namun kedua negara belum menunjukkan ketertarikan.