QNB League 2015

Perang Saudara Duo Bandung

Senin, 6 April 2015 22:17 WIB
Editor: Irfan Fikri
© GRAFIS: Muproni/INDOSPORT
 Copyright: © GRAFIS: Muproni/INDOSPORT

Kendati PBR saat ini memiliki home base di Bekasi, namun laga melawan Persib Bandung tetap menjadi laga harga diri dua klub asal Kota Kembang tersebut.

"Tentu konsentrasi penuh, PBR merupakan tim yang memiliki karakter. Mereka punya pemain kunci di setiap lini yang harus diantisipasi pergerakannya," kata Pelatih Persib Djajang Nurjaman.

Selain itu, pelatih Persib juga menekankan para pemainnya untuk tidak terpancing oleh tensi pertandingan yang dipastikan tinggi.

Manurut dia, partai derbi biasanya menyuguhkan tensi tinggi bahkan panas dengan peragaan laga keras dan emosional. Namun untuk laga esok hari, Jajang menjamin para pemainnya lebih fokus dan tidak akan terjebak tradisi derbi itu.

"Tensi pertandingan boleh tinggi, namun tetap penuh teknik dan strategi. PBR tim yang bagus, mereka berhasil memaksa Sriwijaya FC bermain imbang," ujarnya.

Persib memiliki catatan kurang bagus kontra Pelita Bandung Raya pada musim kompetisi lalu. Mereka harus menelan kekalahan, meski pada babak delapan besar ISL 2014 berhasil membalas dengan mengalahkan tim besutan pelatih Antonic Dejan itu.

"Tentu kami tidak ingin kecolongan di laga kandang," kata Djajang.

Terkait tradisi hujan kartu pada partai derbi, Jajang sudah mewanti-wanti para pemainnya untuk tidak terpancing. Pada laga pertama lawan Semen Padang, tim Bandung itu telah mendapat dua kartu kuning untuk pemainnya, Dias Angga dan Makan Konate.

"Saya intruksikan untuk tampil maksimal tanpa takling-takling yang tak perlu, itu harus dihindari," kata Jajang.

Sementara itu playmaker Persib Bandung, Makan Konate menyatakan siap tampil allout pada pertandingan esok. Meski belum mencetak gol bagi Persib, ia menyatakan komitmennya untuk bisa menguasai pertandingan.

"Lawan PBR merupakan pertandingan berat, meski beberapa pemain hengkang, beberapa pemain kunci tetap ada di tim itu. Hasil imbang lawan Sriwijaya merupakan bukti kekuatan mereka," katanya.

Konate tidak mau pengalaman pahitnya musim lalu terulang saat kalah dari PBR. Ia meminta para pemain lainnya tetap fokus dan disiplin menjaga ruang gerak tim lawan.

"PBR memiliki serangan balik yang berbahaya, beberapa pemain juga sangat berperan jadi kekuatan tim. Di sana ada kiper Denis (Romanov), bek Nicolic Boban, Youngki dan David Laly," katanya.

Sedangkan pelatih Pelita Bandung Raya (PBR) Dejan Antonic mengakui bahwa laga ini cukup berat. Dejan menilai, timnya saat ini adalah klub kecil dibanding Persib yang merupakan juara Indonesia Super League (ISL) 2014 lalu.

Tapi kondisi tersebut membuatnya tertarik untuk menghadapi pertandingan berat ini, terlebih banyak pemain berkualitas yang akan tampil pada laga tersebut baik dari PBR maupun Persib sebagai tuan rumah.

"Derby beda dengan musim kemarin, sekarang kita satu tim kecil lawan satu tim besar. Pasti pertandingan tetap menarik, karena cukup banyak pemain berkualitas. Tapi tentu pemain muda PBR bisa belajar banyak dari pemain Persib selama pertandingan berlangsung," kata pelatih asal Serbia ini seperti dikutip dari situs resmi Persib.

"Pertandingan PBR lawan PERSIB mungkin akan panas sekali, tapi saya tidak suka lihat pertandingan panas. Saya lebih suka kualitas permainan dua tim, itu bagus untuk sepakbola Indonesia," ungkapnya.  

HEAD TO HEAD

30 Oktober 2014 (ISL) PBR 2 – 1 Persib

06 Oktober 2014 (ISL) Persib 1 – 0 PBR

20 Mei 2014 (ISL) Persib 2 – 2 PBR

27 April 2014 (ISL) PBR 1 – 0 Persib

16 Januari 2014 (IIC) Persib 1 – 0 PBR

LIMA LAGA TERAKHIR

Persib

04/04/15              Persib 1 – 0 Semen Padang (ISL)

18/03/15              Persib   1 – 0 Lao Toyota (AFC)

11/03/15              Ayeyawady United 1 – 1 Persib (AFC)    

25/02/15              Persib   4 – 1 New Radiant (AFC)

10/02/15              Ha Noi T&T 4 – 0 Persib (AFC)

PBR

04/04/15              Sriwijaya 1 – 1 PBR (ISL)

04/11/14              Persipura 2 – 0 PBR  (ISL)

30/10/14              PBR 2 – 1 Persib (ISL)

26/10/14              Persebaya Surabaya 1 – 1 (ISL)

21/10/14              PBR 1 – 0 Mitra Kukar (ISL)            

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Persib: Made (K); Vujovic, Jufriyanto, Tony, Dias; Dedi, Firman, Konate, Atep, Ridwan; Spaso

Pelatih Djadjang Nurdjaman

PBR: Deniss Romanovs; CH Rifan, Hermawan, Boban Nikolic, Satrio Syam, Legimin Raharjo, Kim J Kurniawan, David Laly, Wawan Febriyanto, Rachmad Hidayat, Yongki Aribowo.

Pelatih Dejan Antonic

PLAYER TO WATCH

Ilija Spasojevic

Pada laga nanti, tentunya akan menjadi laga emosional bagi penyerang baru Maung Bandung Ilija Spasojevic. Pemain asal Montenegro ini pernah berkos The Boys Are Back. Namun ia bertekad akan bermain secara professional dalam laga nanti.

Spaso pun menargetkan timnya menang dalam laga nanti. Tiga poin menjadi mutlak diraih agar Persib dapat mempertahankan gelar musim ini. Persib sendiri baru saja meraih kemenangan atas Semen Padang di laga perdana.

David Laly

Gol tunggal David Laly di menit ke-77 membuat PBR berhasil menggagalkan kemenangan Sriwijaya FC di laga perdana QNB League. Pemain berusia 23 tahun ini menjadi tumpuan PBR di lini tengah sejak didatangkan dari Persidafon musim lalu.

PREDIKSI

Persib 40% – 35% - 25%

(Persib menang – seri – PBR menang)

3