Bundesliga

Dortmund Akhirnya Pilih Tuchel Jadi Suksesor Klopp

Minggu, 19 April 2015 22:01 WIB
Editor: Dimas Hendro Nugroho
© GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-GETTY IMAGES
 Copyright: © GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-GETTY IMAGES

Thomas Tuchel merupakan satu dari beberapa sosok yang digadang-gadang oleh banyak media akan menjadi suksesor sang manajer kharismatik, Juergen Klopp, yang telah dipastikan akan meninggalkan klub pada akhir musim ini.

Selain Tuchel, sosok para manajer lainnya yang difavoritkan untuk mengisi bangku kosong yang ditinggal oleh Klopp antara lain yaitu, Roger Schmidt (Bayer Leverkusen), Rudi Garcia (AS Roma), Stefano Pioli (Lazio) dan Marcelo Bielsa (Marseille)

Tuchel telah dipastikan akan mulai menangani Borussia Dortmund per 1 Juli 2015 mendatang, yang diumumkan via akun Twitter resmi klub @BVB.

Tuchel, mantan pelatih FSV Mainz 05, sudah mulai berkiprah di kompetisi Bundesliga sejak 2009 lalu.

Walau kurang berpengalaman di kompetisi level top, Tuchel cukup sukses di musim 2013/14 lalu sehingga Mainz pun berhak tampil di kompetisi Eropa musim ini.

Akan tetapi, setelah membuat Mainz berhak tampil di ajang Piala Europa, Tuchel mengundurkan diri karena merasa tugasnya di Mainz telah selesai dan memilih untuk sejenak melipir dari hingar-bingar jagad sepakbola.

Sebelumnya Tuchel dilaporkan telah ditawari kontrak untuk melatih Hamburger SV namun ia menolaknya, menurut media ia sengaja menepis tawaran tersebut karena memilih untuk mengincar kursi kepelatihan Dortmund.

Dan ternyata benar saja, sosok Tuchel lah yang pada akhirnya mewarisi singgasana kepelatihan Klopp, yang tentunya akan sangat menarik untuk ditunggu kiprahnya mendatang.

Apalagi Tuchel sebenarnya tidak terlalu diinginkan oleh para suporter Dortmund di seantero dunia untuk jadi suksesor Mr. Kloppo, termasuk oleh perwakilan komunitas suporter Dortmund di tanah air, Dortmund Indonesia Supporter Club (DISC) Regional Tangerang, yang dihubungi INDOSPORT pada (17/04/15) lalu.

Ketua DISC Tangerang, Andrian Tri Julianto, menyatakan bahwa secara pribadi ia menolak jika Thucel menjadi pengganti Klopp untuk musim depan (2015/16).

"Saya rasa Dortmund harus berani mengeluarkan dana lebih agar bisa mendatangkan pelatih yang lebih berpengalaman, saya kurang setuju kalau Thomas ditunjuk sebagai pelatih, saya tidak tahu siapa pelatih yang tepat untuk menggantikan Klopp, yang terpenting adalah pelatih yang bisa meningkatkan kualitas pemain" ujarnya.

5