Bola Internasional

3 Kiper Top Ini Lahir pada 20 Mei

Rabu, 20 Mei 2015 10:14 WIB
Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Tanggal 20 Mei tidak hanya menjadi milik Budi Utomo, sebuah organisasi politik pertama di Indonesia, pada masa penjajahan Belanda. Kemudian, tanggal tersebut dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional, karena dengan berdirinya Budi Utomo sebagai awal pergerakan untuk membawa Indonesia merdeka.

Wajib Baca
4 Penyerang Incaran Juventus
5 Kasus Mafia Sepakbola Internasional
5 Negara 'Penghasil' Mafia Sepakbola

Tapi, tanggal 20 Mei juga menjadi hari lahirnya para bintang lapangan hijau kelas dunia. Bahkan, para pesepakbola dunia yang lahir pada tanggal 20 Mei memiliki prestasi gemilang dengan meraih banyak gelar juara, dan uniknya mereka semua berposisi sebagai kiper.

Pertama, ada Leo Franco. Kiper internasional Argentina itu lahir pada 20 Mei 1977. Meski hanya mencatat 4 caps untuk tim Tango, pemain bernama lengkap Leonardo Neoren Franco itu sukses di level klub.

Puncak karier saat Franco memperkuat Atletico Madrid, yakni pada periode 2004 hingga 2009. Bersama Los Rojiblancos dia mencatat 153 pertandingan La Liga, dan saat ini pulang ke Argentina untuk memperkuat San Lorenzo.

Kedua, ada penjaga gawang sekaligus kapten Real Madrid, Iker Casillas. Pemain yang juga kapten timnas Spanyol itu meraih banyak gelar bersama Los Blancos, mulai dari La Liga hingga Liga Champions.

Sedangkan di level internasional, pemain yang lahir pada 20 Mei 1981 menjadi kapten saat tim Matador juara Euro 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Ketiga, ada penjaga gawang asal Republik Ceko, Petr Cech. Kiper yang namanya mulai mendunia saat bergabung dengan Chelsea itu lahir pada 20 Mei 1982.

Meski Cech hanya mempersembahkan gelar Piala Eropa U-21 untuk timnas Republik Ceko, di level klub, kiper yang kini identik dengan pelindung kepala itu mencatat banyak prestasi mentereng, dan salah satunya adalah trofi Liga Champions bersama The Blues.

Baca Juga
Liga Indonesia | Liga Primer | Liga Champions | Bundesliga
La Liga | Serie A | Selebrita | Komunitas | Transfer Pemain

1