SEA Games 2015

(VIDEO) Vietnam 5 - 0 Indonesia: Luluh Lantak

Senin, 15 Juni 2015 14:50 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-GETTY IMAGES
 Copyright: © GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-GETTY IMAGES

Entah berapa lama sanksi FIFA akan berlaku untuk Indonesia, maka tak heran jika banyak insan sepakbola yang sangat berharap timnas Indonesia U-23 yang berlaga di SEA Games 2015 mampu berikan kado terakhir di penampilan terakhir di ajang Internasional. 

Usai dibantai Thailand 5-0 di semifinal. Publik masih berharap medali perunggu jadi hasil terbaik Evan Dimas dan kolega namun apa daya, di laga melawan Vietnam untuk raih perunggu, Indonesia kembali dibantai 5-0. Dua pertandingan, 10 gol bersarang di Indonesia. 

Sedari awal kick off berbunyi, Indonesia langsung mendapat tekanan dari Vietnam. Sisi sayap kiri Indonesia terlihat menjadi titik paling lemah yang mudah ditembus Vietnam. Begitu juga dengan sisi sayap kanan Indonesia.  

Petaka untuk Indonesia datang pada menit ke 12, Hansamu Yama melakukan handsball. Mac Hong Quan yang jadi algojo sukses membobol gawang Amirudin, 1-0 Vietnam unggul. Meski tertinggal, Indonesia tak banyak melakukan serangan untuk bisa menyamakan kedudukan. Justru Vietnam yang terus lancarkan serangan. 

Pada menit ke 15, kembali Vietnam menyerang Indonesia dari sisi sayap kiri. Umpan terobosan dilepaskan pemain Vietnam ke kotak penalti, namun sayang sepakan dari Vo Huy Toan masih melambung tinggi dari mistar gawang. 

Lewat serangan balik, sektor sayap kembali menjadi titik terlemah. Kali ini lewat sayap kanan, pergerakan Vo Huy Toan yang tak terkawal memudahkan pemain no 25 itu membobol gawang Indonesia. Vietnam unggul 2-0. 

Petaka kembali datang untuk Indonesia pada menit ke 40.Lewat skema serangan yang hampir sama dengan gol kedua, kembali Vo Huy Toan mencatatkan namanya di papan skor. Toan cetak gol lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. 3-0 Vietnam unggul. Kembali Vietnam unggul di menit akhir usai  Nguyen Hu Dong kembali bobol Indonesia. 4-0 Vietnam cukur Indonesia di babak pertama. 

Memasuki babak kedua, pola permainan Indonesia tidak juga tunjukan perubahan. Vietnam masih terus membombardir sisi sayap yang jadi pusat kelemahan Indonesia. 

Di menit ke 70, sang kapten Vietnam sukses membobol gawang Indonesia untuk kali kelima. Gol ini bermula dari sepak pojok, tanpa pengawalan kapten Vietnam mampu bobol gawang Teguh Amirudin. 5-0 Vietnam unggul. 

Pada menit ke 75, Manahati mendapat tackle keras dari pemain Vietnam. Tackle keras yang membuat Manahati cedera, namun karena Aji Santoso sudah melakukan tiga kali pergantian pemain, Manahati tetap bermain meski dengan kaki terpincang-pincang. 

Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam :

Indonesia: Teguh Amirudin, Saiful Indra, Agung, Manahati, Lestaluhu, Adam Alis, Zulfiandi, Hansamu Yama, Paulo Sitanggang, Noviandani, Muchlis.

Vietnam: Phi Minh Long, Nguyen Minh Tung, Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Hien, Bui Tien Dung, Do Duy Manh , Ho Ngoc Thang , Vo Huy Toan, Nguyen Huy Hung, Mac Hong Quan, Nguyen Cong Phuong

645