Liga Primer

5 'Sampah United' yang Jadi Emas di Klub Eropa

Sabtu, 3 Oktober 2015 20:37 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Class of 92, adalah periode emas bagi Akademi United melahirkan sederet nama besar seperti David Beckham, Ryan Giggs, Nicky Butt, Paul Scholes dan Neville. Mereka adalah lulusan akademi United yang menjadi tulang punggung skuat si ‘Iblis Merah’ selama lebih dari dua dekade. Bahkan kedatangan bintang baru seperti Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney pun tidak sanggup menggeser posisi mereka.

Namun, tidak semua pemain lulusan akademi united beruntung bisa bergabung dalam skuad inti klub kebanggaan kota Manchester itu. Meskipun gagal bersaing dengan rekan-rekan seperguruannya bukan berarti kita boleh mengartikan kualitas talenta dan skill mereka tidak baik.

Era 90-an dengan Robbie Savage dan Keith Gillespie juga menimba ilmu di Class of 92. Savage yang gagal menembus tim utama United tetapi dirinya malah menjadi legenda di Crewe Alexandra, Leicester City, Birmingham City, Blackburn Rovers dan terakhir di Derby County.

Sedangkan Gillespie yang pindah ke Newcastle United karena dirinya masuk dalam kesepakatan transfer Andy Cole yang dibeli Manchester United saat itu, sukses membuktikan dirinya di St. James Park.

Di tahun 90an banyak lulusan akademi United yang memiliki potensi tetapi gagal menembus tim utama karena banyaknya pemain bintang di skuat utama.

Boran Djordjic, Danny Webber, Jonathan Greening, Ronnie Wallwork dan masih banyak lagi produk akademi setan merah yang melanglang buana di seluruh dunia.

Tidak berhenti di situ, di era 2000 hingga sekarang tercatat sederet nama pemain berbakat jebolan akademi united yang tidak mendapat bangku di Old Trafford, namun menjadi pilar utama dan pemain kunci di tim yang mereka bela sekarang.

INDOSPORT coba mengangkat 5 nama mereka yang terbuang dari United namun menjadi emas dan tumpuan klub di mana mereka bermain sekarang. Berikut ulasannya. 

357