Prediksi Pantai Gading vs Sudan: Rebut Puncak Klasemen

Kamis, 24 Maret 2016 13:23 WIB
Penulis: Ivan Reinhard Manurung | Editor: Randy Prasatya
 Copyright:

Babak kualifikasi Piala Afrika Grup I akan mempertemukan Sudan dengan Pantai Gading. Laga ini jelas menjadi kesempatan yang baik untuk Sudan dalam mempertahankan posisinya di puncak klasemen.

Namun, langkah itu bisa dikatakan sangat sulit untuk dilaluinya. Pasalnya, mereka akan melawan negara yang selalu berhasil mengalahkan mereka.

Terbukti, dari tiga pertemuan terakhir kedua kesebelasan, Pantai Gading tercatat selalu meraih kemenangan tanpa pernah merasakan kekalahan. Bahkan pada 2004 silam, Sudan pernah merasakan dibantai Pantai Gading dengan skor telak 0-5.

Head To Head Pantai Gading vs Sudan:

22/01/12 Pantai Gading 1-0 Sudan
08/10/05 Sudan 1-3 Pantai Gading
05/09/04 Pantai Gading 5-0 Sudan

Lima Laga Terakhir Pantai Gading

07/02/16 Guinea 1-2 Pantai Gading
04/02/16 Mali 1-0 Pantai Gading
30/01/16 Kamerun 0-3 Pantai Gading
24/01/16 Pantai Gading 4-1 Gabon
20/01/16 Maroco 0-1 Pantai Gading

Lima Laga Terakhir Sudan

05/12/15 Ethiophia 1-1 Sudan
03/12/15 Rwanda 1-1 Sudan
01/12/15 Sudan Selatan 0-0 Sudan
28/11/15 Djibouti 0-4 Sudan
26/11/15 Sudan Selatan 0-0 Sudan

Pantai Gading

Bermodal torehan empat kemenangan dari lima laga terakhir jelas menjadi modal yang cukup baik bagi tuan rumah saat melawan Sudan. Belum lagi mereka juga mendapat keuntungan karena bermain di hadapan pendukungnya sendiri.

Dalam laga ini pelatih Les Elephants, Michel Dussuyer kemungkinan akan menerapkan formasi 4-3-3 yang menjadi andalannya. Terlihat jelas pelatih berkebangsaan Prancis tersebut akan mengandalkan tiga penyerang utamanya, yakni Atcho, Boua, Mevy.

Sayangnya, dalam laga kali ini mereka kembali tidak bisa memainkan pemain bintangnya, yakni Yaya Toure. Gelandang Manchester City tersebut harus absen akibat mengalami cedera pada bagian tumit. Cedera itu sendiri ia dapatkan saat melawan Manchester United.

Sudan

Bermain di kandang lawan jelas menjadi tekanan yang cukup besar bagi pasukan Falcons of Jediane. Namun, mereka tetap akan mengeluarkan segenap kemampuannya demi mempertahankan posisi mereka yang saat ini berada di puncak klasemen Grup I Piala Afrika.

Untuk itu pelatih Sudan, Hamdan Hamad kemungkinan besar akan menerapkan formasi 4-4-2. Penggunaan formasi ini diprediksi digunakan Hamad karena akan lebih banyak bertahan dengan memanfaatkan serangan balik ke pertahanan lawan.

Di lini serang, Sudan kemungkinan akan menaruh Bakri Al Madina yang diduetkan dengan Mohamed Koko. Kombinasi keduanya jelas diharapkan dapat membawa kemenangan bagi Sudan sehingga posisi mereka semakin kokoh di puncak klasemen.

Perkiraan Susunan Pemain Kedua Tim:

Pantai Gading (4-3-3): Bamba, Goua, Kouassi, Kangoute, Britto, Diabate, Aka, Yace, Atcho, Boua, Mevy.

Sudan (4-4-2): Salim, Boya, Safari, Ramadan, Athar, Awad, Faroug, Balla, Suliman, Almadina, Koko.

Player To Watch

Abdoul Karim Cisse (Pantai Gading)

Berusia 30 tahun jelas membuat Cisse sudah memiliki banyak pengalaman sebagai seorang kiper. Kemampuan membaca arah tembakan lawan dengan baik membuatnya menjadi tembok pertahanan yang sulit untuk ditembus para penyerang Sudan.

Bakri Al Madina (Sudan)

Dalam laga melawan Pantai Gading, tidak salah jika penyerang berusia 28 tahun ini sangat diandalkan untuk membobol gawang Cisse. Kemampuannya memainkan bola dan teknik penyelesaian akhir yang bagus, jelas membuatnya menjadi penyerang yang perlu diwaspadai para pemain lawan.

Prediksi INDOSPORT: 35% - 30% - 35% (Pantai Gading Menang – Imbang – Sudan Menang).

46