4 Fakta Tersembunyi Tentang Bepe

Sabtu, 30 April 2016 06:31 WIB
Penulis: Abdul Hamid | Editor: Hendra Mujiraharja
 Copyright:

Siapa yang tak kenal dengan Bambang Pamungkas? Sosok penyerang yang menyeramkan bagi penjaga gawang terlebih jika mendapatkan umpan silang dan melakukan sundulan.

Mengawali kariernya profesionalnya sebagai pesepakbola di tim ibu kota, Persija Jakarta, pria yang terkenal dengan nama Bepe ini berhasil mengemas 24 gol pada musim pertamanya di Liga Indonesia.

Dengan perolehan gol tersebut, tim divisi 3 Belanda, EHC Norad tertarik untuk merekrutnya.

Namun masalah keluarga serta gagal menyesuaikan diri dengan kondisi langit Eropa, EHC Norad hanya meminjamkan Bambang empat bulan saja dari Tim Macan Kemayoran.

Sampai akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kontrak atas persetujuan bersama. 

Pemain yang identik dengan nomor punggung 20 ini menetap di Persija hampir kurang lebih selama 12 tahun (1990-2005, 2007-2012). Selama itu ia sudah mengemas 158 gol dari 282 penampilan.

Selain membela tim yang berbasis di Jakarta ini, suami Tribuana Tungga Dewi ini juga pernah memperkuat tim Malaysia, Selangor FA selama dua musim (2005) dan Pelita Bandung Raya satu musim (2013-2014). 

Sedangkan di level timnas, pemain kelahiran Semarang ini sudah mengawali karirnya sejak usia 18 tahun dengan masuk U-19.

Di timnas senior sendiri, ia mengawali debutnya pada 2 Juli 1999 dengan mengikuti pertandingan persahabatan melawan Lituania.

Kurang lebih 13 tahun ayah dari Salsa Alicia, Jane Abel dan Syaura Abana mengawali karirnya di level negera sampai akhirnya resmi pensiun pada 1 April 2013.

Selama 13 tahun itu, Bambang masih menjadi pemegang rekor penampilan terbanyak (caps) dan top skorer untuk Indonesia dengan 83 penampilan dan 37 gol.

Namun, itu hanya segelumit kisah dari pasangan H. Misranto dan Hj. Suriptinah. Ia masih menyimpan banyak rahasia-rahasia yang belum terkuak ke publik.

INDOSPORT mencoba menguak fakta-fakta tersembunyi dari pemain yang identik dengan kumis tebal dan nomor 20 ini ke hadapan publik.

Berikut fakta-fakta tersembunyi mantan kapten Timnas Indonesia ini:

352