Pertandingan Persahabatan

Prediksi Spanyol vs Bosnia: Menanti Ketajaman La Furia Roja

Jumat, 27 Mei 2016 21:00 WIB
Penulis: Ivan Reinhard Manurung | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Datang dengan status juara bertahan di Euro 2016, Spanyol tentunya diharapkan dapat tampil lebih mendominasi dan mencetak banyak gol. Hal tersebut menyusul kegagalan mereka meraih kemenangan di dua laga persahabatan terakhir saat melawan Italia dan Romania.

Target pesta gol saat menjamu armada Zlatni ljiljani  itu pun diprediksi akan berjalan lancar. Hal tersebut tidak lain karena La Furia Roja memiliki catatan yang baik saat berhadapan dengan Edin Dzeko dan kawan-kawan.

Bayangkan saja, di enam pertemuan terakhir, tim asuhan Vicente del Bosque tercatat belum merasakan kekalahan dengan torehan empat kemenangan dan dua kali hasil seri. Melihat data tersebut, sudah jelas Spanyol akan lebih diunggulkan dalam laga kali ini.

Meski begitu, yang perlu menjadi catatan adalah kedua tim terakhir bertemu pada 2009. Dalam jangka waktu tujuh tahun tersebut, tentunya Bosnia mengalami peningkatan yang drastis.

Terbukti di dua laga persahabatan terakhir, Bosnia berhasil meraih kemenangan beruntun saat menghadapi Swiss dan Luxemburg. Selain itu, mereka kini berada di urutan ke-20 berdasarkan ranking yang dikeluarkan oleh FIFA terhitung sejak 5 Mei 2016.

Spanyol

Baru-baru ini, timnas Spanyol merilis nama-nama pemain yang akan dibawa dalam kompetisi Euro 2016 di Prancis nanti. Hal itu membuat pelatih Vicente Del Bosque bisa menjadikan laga ini sebagai ajang percobaan untuk menguji kemampuan pemain-pemain pilihannya.

Masih menggunakan formasi 4-2-3-1, posisi penyerang tunggal di lini serang akan dipercaya Bosque untuk penyerang Juventus yang tampil gemilang di musim ini, Alvaro Morata. Kinerjanya akan dibantu oleh tiga gelandang fantastis, yakni David Silva, Andres Iniesta dan Pedro Rodriguez.

Beralih ke lini belakang, pelatih berusia 65 tahun tersebut akan melakukan sedikit perombakan khususnya posisi penjaga gawang. Seperti banyak diketahui, posisi ini biasanya selalu ditempati oleh mantan kiper Real Madrid, Iker Casillas.

Namun, di laga kali ini, posisi tersebut kemungkinan akan ditempati oleh kiper Manchester United, David de Gea.

Bosnia-Herzegovina

Meski gagal melangkah ke babak kualifikasi grup Euro 2016, bukan berarti Bosnia lantas disebut sebagai tim yang lemah. Diisi oleh beberapa pemain bintang yang bermain di klub elit Eropa, mereka bisa saja memberikan kejutan dengan mengalahkan juara Piala Dunia 2010 tersebut.

Beruntung bagi pelatih Mehmed Bazdarevic, jelang laga persahabatan ini tidak ada pemain Bosnia yang dilaporkan cedera. Hal itu jelas membuat lega pelatih yang ditunjuk pada 13 Desember 2014 tersebut karena dapat meramu formasi dengan pemain-pemain terbaiknya.

Bila Spanyol menggunakan formasi 4-2-3-1 yang mengandalkan satu orang penyerang, maka Mehmed diprediksi akan melawannya dengan formasi 4-3-1-2 yang mengandalkan dua penyerang.

Kombinasi Edin Dzeko dan Armin Hodzic pun diharapkan dapat membuat membobol pertahanan Spanyol yang terkenal solid dan rapi.

Player To Watch

David De Gea (Spanyol)

Semenjak dipanggil 8 Januari 2014 lalu, De Gea masih memiliki jam terbang yang sangat sedikit dibandingkan Casillas. Untuk itu, ia perlu menunjukan segala kemampuannya saat bermain melawan Bosnia agar bisa menjadi pilihan pertama Bousque selama kompetisi Euro 2016.

Edin Dzeko (Bosnia-Herzegovina)

Melonjaknya peringkat timnas Bosnia dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir tidak terlepas dari jasa pemain yang kini membela AS Roma tersebut. Ia sendiri menjadi mesin pencetak gol andalan Bosnia di setiap pertandingan. Semenjak dipanggil pada 2007 silam, Dzeko tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Bosnia dengan catatan 46 gol dari 78 penampilan.

Prediksi INDOSPORT: 40% - 30% - 30% (Spanyol Menang - Imbang - Bosnia-Herzegovina Menang).