Copa America Centenario

(CUPLIKAN GOL) AS 4-0 Kosta Rika: Tuan Rumah Mengamuk

Rabu, 8 Juni 2016 08:59 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
 Copyright:

Dengan kemenangan ini, untuk sementara negeri Paman Sam berhasil mengumpulkan tiga poin dari dua pertandingan. Tuan rumah menggeser Paraguay yang mengoleksi satu poin dari satu laga.

Jalannya Pertandingan

AS yang membutuhkan kemenangan, sempat mendapatkan tekanan dari Kosta Rika di awal pertandingan. Tim tamu tampil lebih bertenaga pada awal pertandingan ini.

Namun pada menit ke delapan, melalui sebuah serangan yang dilakukan bek sayap Yedlin membuat AS mendapatkan penalti setelah bek sayap itu dilanggar Gamboa.

Dempsey yang menjadi eksekutor dalam tendangan penalti ini, berhasil mengecoh kiper Kosta Rika, Pemberton untuk membawa timnya memimpin dengan skor 1-0.

Tujuh menit kemudian, Kosta Rika kembali berusaha melakukan tekanan ke pertahanan AS. Namun, kerjasama Campbell dan Bolanos berhasil dimentahkan oleh kiper Guzan.

Tuan rumah kembali menambah pundi-pundi gol. Kali ini, Jermain Jones yang menyumbang gol setelah memanfaatkan umpan dari Dempsey. Skor 2-0 untuk AS.

Unggul 2-0 tidak membuat tim asuhan Klinsmann Puas. Dempsey dkk berhasil mencetak gol ketiga lewat kaki Bobby wood setelah memanfaatkan umpan Dempsey.

Skor 3-0 bertahan hingga turun minum.

Tertinggal tiga gol, Kosta Rika berusaha mengejar dengan melakukan sejumlah pergantian di babak kedua. Dengan harapan, masuknya pemain baru akan membuat kualitas serangan tim berjuluk Los Ticos semakin bertambah.

Menit 68, Kosta Rika mendapatkan sebuah peluang lewat pemain pengganti Saborio. Beruntung, sundulannya berhasil ditepis oleh oleh Guzan.

Kedua tim silih berganti melakukan serangan. Akhirnya, Graham Zusi melengkapi kemenangan timnya menjadi 4-0 di pertandingan ini.

Skor 4-0 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Amerika Serikat: B. Guzan; D. Yedlin G. Cameron, J. Brooks, F. Johnson; J. Jones, M. Bradley, A. Bedoya (Beckerman 83); C. Dempsey (Wondolowski 78), B. Wood (Zusi 70), G. Zardes.

Kosta Rika: P. Pemberton; C. Gamboa (Salvatierra 46), F. Calvo, J. Acosta, O. Duarte, R. Matarrita; J. Campbell (Azofeifa 46), C. Bolanos, C. Borges, B. Ruiz; M. Urena (Saborio 18).         

206