Blatter Ungkap Kecurangan Pengundian di Turnamen Eropa

Selasa, 14 Juni 2016 14:04 WIB
Editor: Randy Prasatya
 Copyright:

Saat ini Blatter tengah dilarang terlibat aktivitas sepakbola selama enam tahun akibat pembayaran ilegal pada Michel Platini. Namun, meski dalam situasi menjalani hukuman, mantan Presiden FIFA itu membeberkan rahasia di tubuh UEFA yang belum banyak diketahui.

Menurut Blatter, pengundian di kompetisi Eropa bisa mudah diatur dengan cara membuat bola menjadi dingin dan panas. Trik itu sudah dilakukan sejak era Artemio Franchi.

"Hanya ada satu orang yang memiliki kuasa tersebut di Eropa. [Mantan presiden UEFA] Artemio Franchi biasa melakukan itu untuk undian-undian turnamen klub," ujar Blatter seperti dikutip ESPN.

"Saya tidak melakukan itu untuk Piala Dunia pada 1978. Tetapi saya bisa melakukan apa pun. Sekali lagi, saya bercanda. Undian tersebut benar hingga detail terakhir,” sambung pria 80 tahun tersebut.


Sepp Blatter dan Michel Platini

"Saya tidak pernah menyentuh bola-bola itu, itu dilakukan oleh orang lain. Tentu, Anda bisa mencuranginya dengan membuat bola-bola itu menjadi panas atau dingin."

"Sebelum undian Anda memasukkan bola-bola itu ke dalam freezer. Kemudian ketika Anda menyentuhnya Anda bisa menentukan yang mana yang dingin atau panas. Dengan menyentuhnya Anda tahu tim mana yang Anda pegang."

Meski kecurangan tersebut sudah diketahui Blatter, dia memastikan bahwa FIFA tidak pernah menggunakan kecurangan tersebut.

"Tentu secara teknis itu mungkin. Ini tidak terjadi di FIFA tapi saya pernah menjadi saksi pada undian-undian di level Eropa,” tutup Blatter.

870