Euro 2016

5 Tim yang Diusir dari Turnamen Internasional

Jumat, 17 Juni 2016 11:19 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) telah memberikan sanksi berat kepada Federasi Sepakbola Rusia atas aksi brutal para suporter Rusia di perhelatan Euro 2016.

Sanksi berupa denda sebesar 150 ribu Euro atau sekitar Rp2,2 miliar juga disertai dengan ancaman diskualifikasi jika para suporter Rusia kembali melakukan pelanggaran serupa.

“Hukuman terkait kericuhan, penggunaan petasan, dan perilaku rasial telah dijatuhkan kepada RFU (Federasi Sepakbola Rusia),” bunyi pernyataan UEFA seperti dikutip dari Sky Sports.


Suporter Rusia terlibat bentrok dengan pendukung Inggris pada babak penyisihan grup B.   

Sebelumnya, para suporter Rusia terbukti terlibat bentrok fisik dengan para pendukung Inggris yang menyebabkan jatuhnya sejumlah korban dari kedua belah pihak jelang laga antara Rusia vs Inggris pada babak penyisihan grup.

Usai dijatuhi hukuman, sebagian besar para suporter Rusia memang tampak mulai menahan diri, namun sebagian lainnya tampak masih belum bisa mengendalikan diri.


Aparat keamanan menembakkan gas air mata untuk membubarkan bentrok antar suporter Rusia dan Inggris yang kembali pecah.

Jelang laga antara Inggris melawan Wales, suporter Rusia kembali kedapatan terlibat bentrok dengan para pendukung Inggris di kota Lile, Prancis.

Aparat keamanan setempat bahkan harus melepaskan tembakan gas air mata untuk membubarkan aksi-aksi rusuh antar kedua suporter tersebut.

Selain itu, suporter Rusia juga terbukti telah menyalakan flare saat timnya ditekuk Slowakia dengan skor 1-2 di penghujung laga.

Jika aksi-aksi tersebut terus berlanjut bukan tidak mungkin ancaman yang telah dikeluarkan UEFA itu bakal terealisasi. 

Apalagi, sejarah turnamen sepakbola internasional mencatat setidaknya ada lima tim yang pernah didiskualifikasi sebagaimana terangkum dalam ulasan INDOSPORT berikut. 

343