Euro 2016

Era Kejayaan Spanyol Berakhir? Del Bosque Berikan 'Ramalan'-nya

Selasa, 28 Juni 2016 14:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Spanyol merupakan salah satu kandidat negara yang difavoritkan untuk kembali dapat menjuarai Euro 2016, sayangnya harapan itu kandas setelah mereka harus menelan kekalahan dari Italia di babak 16 besar pada Senin (27/06) malam kemarin.

Sebelumnya, pada dua tahun lalu timnas berjuluk La Furia Roja ini juga menelan pil lebih pahit di Piala Dunia 2014 Brasil, yaitu tidak lolos dari fase grup dengan hanya menempati posisi ketiga dan menelan dua kekalahan beruntun.

Hal ini tidak sedikit berbagai kalangan yang mengatakan, jika era kejayaan Spanyol telah habis, baik di panggung Eropa maupun dunia.


Timnas Spanyol mengucapkan terima kasih kepada fans mereka yang turut hadir ke Prancis.

Namun tanggapan ini segera ditepis oleh pelatih Vicente del Bosque, yang mengatakan jika Spanyol memiliki banyak pemain bagus serta pemain muda yang menjanjikan yang dimiliki setiap klub domestik.

“Saya tidak merasa era (Spanyol) sudah berakhir, ada banyak sekali pemain yang bagus, struktur pemain muda yang kuat, seperti yang dimiliki beberapa klub,” ujarnya dilansir dari Football-Italia.


Vicente del Bosque, saat melatih timnas Spanyol.

Dalam kurun waktu hampir 6 tahun, timnas sepakbola Spanyol berhasil menjadi unggulan dengan mampu melibas beberapa negara besar, baik di Eropa maupun dunia.

Hal itu dibuktikan dengan meraih tiga gelar bergengsi secara beruntun, yaitu Euro 2008, Piala Dunia 2010, serta Euro 2012. Sejak saat itulah, sepertinya timnas Spanyol seakan ‘bosan’ untuk memetik kemenangan karena berbagai hasil minor mulai mereka dapatkan.