Euro 2016

Del Bosque Umumkan Pensiun dari Timnas Spanyol

Jumat, 1 Juli 2016 07:18 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Pelatih berusia 65 tahun ini telah mengkonfirmasi jika dirinya telah keluar dari timnas Spanyol sekaligus pensiun.

Tentunya hal ini mengejutkan, terutama untuk penggemar La Furia Roja yang berharap ia dapat kembali membawa Sergio Ramos cs lolos dari kualifikasi Piala Dunia yang rencananya akan digelar pada bulan September mendatang.

“Tak perlu diragukan lagi, saya tidak punya niatan untuk melanjutkan sebagai pelatih, ini hal yang pernah kita bahas beberapa waktu yang lalu. Ini keputusan akhir, saya mempunyai kontrak sampai 31 Juli dengan Federasi, tapi saya tidak berniat untuk lanjut menjadi pelatih,” jelasnya kepada Radiogaceta.


Vicente del Bosque (biru) saat masih melatih timnas Spanyol.

“Saya sudah berusaha untuk membuat keputusan ini dengan bijak dan itu harus dihormati, tidak mudah untuk saya memang, tapi saya sangat senang dan tak seorang pun dapat mengatakan saya mengabaikan tugas saya. Ada tugas yang sangat sulit untuk kualifikasi Piala Dunia di bulan September dan itu harus dihadapi,” tambahnya.

“Pada tanggal 31 Juli, saya juga akan meninggalkan sepakbola tapi saya masih bersedia membantu RFEF (Federasi sepakbola Spanyol). Saya memang pergi, tetapi saya akan selalu dekat dengan mereka dan berharap segalanya berjalan dengan baik untuk Spanyol,” tambahnya.

Vicente del Bosque menggantikan peranan dari pelatih Spanyol sebelumnya, Luis Aragones yang juga mengundurkan diri usai memberikan gelar Euro 2008.

Hanya memiliki waktu yang sedikit untuk menangani sebuah timnas, Del Bosque secara mengejutkan langsung memberikan gelar Piala Dunia pada tahun 2010 lalu serta mampu mempertahankan gelar Euro 2012. Sayangnya gelar tersebut tak mampu ia pertahankan di Euro 2016 ini.

287