Pertandingan Klasik

(VIDEO) 5 Laga Final Terbaik Euro Sepanjang Sejarah

Sabtu, 2 Juli 2016 16:00 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Hajatan besar turmanen sepakbola negara-negara Eropa telah menghadirkan sejumlah fakta dan sejarah menarik sejak pertama kali diinisiasi oleh Sekretaris Jenderal Federasi Sepakbola Prancis, Henri Delaunay pada tahun 1927 itu.

Turnamen ini sejatinya direncanakan untuk digelar pertama kali pada tahun 1955, namun sang inisiator lebih dahulu dipanggil oleh yang kuasa lima tahun sebelum penyelenggaraan turnamen digelar. 

Untuk menghormati Delaunay, namanya kemudian disematkan sebagai trofi juara yang diperebutkan, sementara edisi perdana turnamen pada akhirnya digelar pada tahun 1960 di Prancis. 

Edisi perdana menghadirkan empat tim yang bersaing di putaran final setelah melewati babak kualifikasi yang pada saat itu diikuti oleh 17 tim. 

Beragam kisah menarik dan goresan tinta emas pun mengiringi sejarah perjalanan turnamen empat tahunan pada tahun genap antara Piala Dunia ini. Mulai dari perubahan nama, format kejuaraan, daftar rekor yang terpecahkan dan lain sebagainya.

Namun ulasan kali ini, memfokuskan untuk mengulas kembali laga-laga final terbaik pilihan INDOSPORT yang pernah tercipta sepanjang sejarah turnamen sebagaimana terangkum berikut.

291