Gagal di Euro 2016, Low Tetap Melatih Jerman di Piala Dunia 2018

Rabu, 13 Juli 2016 00:55 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Joachim Low gagal membawa Jerman menjadi juara Euro 2016. Der Panzer harus tersingkir di babak semifinal. Kala itu, Jerman dikalahkan Prancis dengan skor 0-2.

Kegagalan tersebut tak membuat sinar Low memudar. Pasalnya, pelatih kelahiran 3 Januari 1960 itu akan tetap melatih timnas Jerman hingga Piala Dunia 2018 Rusia. Hal tersebut diumumkan langsung oleh Federasi Sepakbola Jerman (DFB).

Presiden DFB, Reinhard Grindel menganggap, Low masih menjadi sosok terbaik untuk menangani Die Mannschaft.

"Kami memberi waktu Joachim Low beristirahat setelah Euro 2016. Di sisi lain kami mengevaluasi kinerja timnas Jerman usai mengikuti ajang Euro 2016. DFB memutuskan untuk melanjutkan kerjasama dengan Loew untuk mempertahankan gelar juara dunia," kata Grindel dalam pernyataan di situs resmi DFB.

Low pun sangat senang menyambut keputusan DFB yang memberikan kepercayaan kepadanya untuk tetap melatih Jerman. Ia antusias merencanakan masa depan Der Panzer.

"Hasil di Euro 2016 memang mengecewakan, meski para pemain tampil bagus. Jerman adalah salah satu tim termuda di turnamen tersebut. Saya melihat potensi besar dari para pemain untuk Piala Dunia 2018 nanti. Saya tidak sabar mengembangkan tim ini," kata Low.


Joachim Low saat mendampingi timnas Jerman di Euro 2016.

Sebagai informasi, Low sudah menjadi bagian timnas Jerman dari tahun 2004. Ketika itu, ia menjadi asisten pelatih Jurgen Klismann.

Usai Klismann menyatakan mundur usai Piala Dunia 2006, Low langsung naik jabatan menjadi pelatih timnas Jerman.

Selama 10 tahun melatih Der Panzer, Low akhirnya mampu mempersembahkan trofi bergengsi empat tahun lalu. Low berhasil membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 Brasil.

140