Pertandingan Klasik

(VIDEO) Sang Pembelot Pulang, Kala Fiorentina Membuat Juventus Tumbang

Sabtu, 20 Agustus 2016 16:00 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Akhir musim 2015/16 menjadi momentum emas bagi Juventus dalam perjalanan sejarah mereka. Kala itu, Juventus berhasil mempertahankan gelar juara Serie A Italia untuk kelima kalinya secara beruntun.

Dominasi Juventus di Serie A Italia memang belum berhenti sejak dalam enam tahun terakhir. Di laga perdana musim ini, Juventus akan menjalani pertandingan menghadapi Fiorentina di Artemio Franchi.

Laga ini mengantarkan kenangan para pendukung dalam laga klasik seperempat abad silam. Suatu hari di tanggal 6 April 1991, pertandingan yang sama di gelar di kandang kebanggaan La Viola, julukan Fiorentina.

Laga ini merupakan kembalinya Roberto Baggio ke markas La Viola, usai 'membelot' ke Juventus. Setahun sebelumnya, Baggio diambil Juventus dengan nilai transfer sebesar 10 juta Euro (Rp149 miliar).

Nilai ini menjadikannya Si Kuncir Kuda sebagai pemain termahal dunia kala itu. Namun, bagi para ultras Fiorentina kepindahan ini menjadi sesuatu yang menambah dalam dendam mereka terhadap Juventus.

Apalagi kepindahan Baggio terjadi, 3 hari setelah Fiorentina kalah dari Juventus di final Piala UEFA di tahun 1990. Fakta inilah yang menambah panas laga Fiorentina kontra Juventus kala itu.

Namun, Fiorentina sedikit mengobati luka mereka dengan sukses menekuk musuh lamanya tersebut. Baggio menjadi aktor laten di balik kemenangan ini dengan ulah kontroversialnya.

Lalu, bagaimana panasnya pertandingan antara dua musuh lama ini? Berikut hasil rangkuman dari tim INDOSPORT;