Sejarah Baru, Negara Kecil Seluas Negeri Laskar Pelangi Ini Lolos ke Piala Dunia

Kamis, 15 September 2016 02:14 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Mungkin orang-orang hanya mengenal Brasil, Argentina, Prancis, Italia, dan Spanyol sebagai negara besar yang bisa tampil di turnamen sekelas Piala Dunia.

Namun, di era sekarang banyak tim-tim sepakbola kejutan yang sukses mendulang prestasi meski tak dikenal dan hanya memiliki skuat pas-pasan. Hal itu juga yang ditunjukkan Vanuatu, negara kecil yang bakal tampil di panggung dunia.

Vanuatu U-20 secara resmi akan bermain di perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2017 mendatang. Pesta sepakbola terbesar di dunia untuk kategori usia di bawah 20 tahun itu sendiri bakal berlangsung di Korea Selatan.

Vanuatu U-20 yang berasal dari negara dengan luas total 12.189 kilometer persegi itu, sukses mencetak sejarah baru dengan lolos pertama kalinya ke Piala Dunia U-20.


Salah satu sudut pemandangan pantai yang ada di negara Vanuatu.

Sukses Vanuatu U-20 lolos ke Piala Dunia U-20, tak lepas dari penampilan impresif mereka di babak semifinal yang sukses mengalahkan Kepulauan Solomon U-20 dengan skor 2-1 di Stadion PVM, Port Vila.

Gol kemenangan Vanuatu U-20 berhasil dicetak oleh gelandang mereka, Frederick Massing di injury time.

Kemenangan tersebut otomatis membuat Vanuatu U-20 meraih tiket lolos ke partai final Piala OFC U-20. Dua tim finalis Piala OFC U-20 sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20.

Vanuatu U-20 akan mendampingi Selandia Baru U-20 yang sudah lebih dulu memastikan satu tempat di partai final Piala OFC U-20 usai menang 3-1 atas Kaledonia Baru U-20.

Selandia Baru sendiri merupakan tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2015 kemarin. Namun, mereka gagal di depan pendukung sendiri setelah Serbia memastikan diri keluar sebagai juara.

Sebagai informasi, dengan luas negara hanya sekitar 12.189 kilometer persegi, Vanuatua hampir mendekati luas wilayah salah satu provinsi kepulauan di Indonesia yakni Kepulauan Bangka Belitung.


Salah satu pemandangan pantai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

Provinsi berjuluk Negeri Laskar Pelangi itu memiliki luas wilayah sekitar 16.424 kilometer persegi. Betapa hebatnya Vanuatu yang memiliki luas wilayah bahkan sedikit lebih kecil dibanding Bangka Belitung, namun bisa tampil di Piala Dunia U-20. Lalu, Indonesia kapan menyusul?

2K