Wow! Ingin Saingi Man United dan Liverpool, 5 Klub Inggris Ini Bakal Dilebur Jadi Satu

Rabu, 28 September 2016 19:56 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Politisi Partai Buruh Inggris sekaligus Calon Walikota Birmingham, Sion Simon memiliki ide gila soal menciptakan satu klub kuat yang mewakili wilayah West Midlands, Inggris.

Ide gila itu muncul menyusul keinginan Simon untuk meningkatkan standar sepakbola di Birmingham.

Simon berharap bisa menggabungkan 5 klub sepakbola top di West Midlands menjadi satu klub terkuat. Peleburan 5 klub menjadi hanya satu klub kuat itu diproyeksikan untuk bersaing dengan raksasa Liga Primer Inggris seperti Manchester United dan Liverpool di masa mendatang.

Klub-klub yang diharapkan Simon bisa melebur jadi satu itu adalah Aston Villa, Birmingham, West Brom, Wolves dan Coventry.

Dari 5 klub tersebut, hanya West Brom yang berstatus sebagai tim papan atas asal Birmingham di pentas Liga Primer Inggris. Sementara Aston Villa baru saja terdegradasi dari Liga Primer Inggris ke Divisi Championship di akhir musim 2015/16 kemarin.


Politisi Partai Buruh Inggris, Sion Simon

Simon percaya bahwa rencana besarnya untuk menciptakan satu klub kuat dari peleburan 5 klub tersebut akan membuat daerahnya bisa mendapatkan manfaat besar. Menciptakan satu klub kuat berarti memiliki satu merek global yang khas.

“Ini mungkin terdengar gila, tapi selama ini saya pikir kami benar-benar menderita akibat kurangnya merek sepakbola global dengan nama West Midlands atau Birmingham dalam sebuah gelar,” kata Sion Simon di Konferensi Partai Buruh.

“Itu terus menjadi hal penting setiap tahun seperti sepakbola yang terus tumbuh menjadi lebih besar. Ini adalah keuntungan besar bagi Liverpool dan Manchester,” lanjutnya.


Pelatih West Bromwich, Tony Pulis

Namun, mimpi tersebut tentu bakal sulit terwujud alih-alih ingin menjadi besar. Apalagi Simon pernah mengatakan bahwa pelatih West Brom, Tony Pulis bukanlah sosok yang bisa mendongkrak penjualan jersey klub seperti apa yang dilakukan United dan Liverpool.

Apalagi sangat sulit rasanya melihat pendukung dari Aston Villa, West Brom, Wolves dan Coventry bisa legowo dan menerima jika klub-klub mereka dilebur hanya menjadi satu klub saja, apalagi klubnya diberi nama ‘Birmingham.

1.5K