Gantung Sepatu, Top Skorer Piala Dunia Jadi Asisten Joachim Low

Selasa, 1 November 2016 20:17 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Pada musim 2015/16, kontrak Miroslav Klose bersama dengan Lazio resmi berakhir dan sejak saat itu, pemain berkebangsaan Jerman itu belum memiliki klub.

Sempat dikabarkan akan bergabung dengan klub MLS di Amerika Serikat, Klose secara mengejutkan justru mengumumkan bahwa dirinya resmi pensiun menjadi seorang pesepakbola, di usianya yang saat ini sudah menginjak 38 tahun.


Klose resmi memutuskan pensiun jadi pesepakbola.

Ternyata, ada alasan tersendiri yang jadi penyebab Klose akhirnya memutuskan gantung sepatu.

Suami Sylwia Klose itu rupanya menerima tawaran untuk menjadi salah satu bagian dari staf kepelatihan Joachim Low di timnas Jerman.

Kesempatan ikut melatih tim yang mampu membawanya meraih gelar tertinggi dalam  sepakbola, yakni Piala Dunia, pun disambut dengan bahagia oleh pemain kelahiran 9 Juni 1978 tersebut.

"Saya merayakan kesusksesan terbesar ketika berada di timnas, momen itu sangat luar biasa dan tidak terlupakan. Jadi, saya sungguh bahagia bisa kembali berkontribusi untuk timnas Jerman," ujarnya seperti dilansir situs resmi DFB.


Klose kini akan menjadi staf kepelatihan Joachim Low di timnas Jerman.

Pada kesempatan itu, Klose mengaku memang sudah kepikiran untuk menjadi seorang pelatih dan ia bersyukur karena kesempatan itu langsung ada di depan mata.

"Selama beberapa bulan terakhir, saya sempat berpikir untuk berada di lapangan, namun dalam posisi berbeda, yakni menjadi seorang pelatih."

"Untuk itu saya bersyukur karena Joachim Low dan Hansi Flick (Direktur DFB) memberi saya peluang dan kesempatan untuk mempertajam kemampuan saya," tutupnya.

Selama menjadi pesepakbola, Klose sudah beberapa kali tampil membela Die Mannschaft. Namun, prestasi terbaiknya adalah ketika Piala Dunia 2014. Kala itu, ia tidak hanya mempersembahkan gelar juara, tapi juga berhasil mencetak sejarah dengan menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia dengan total 16 golnya di empat edisi berbeda.

1.8K