Bundesliga Jerman

Carlo Ancelotti, Korban Baru dari 'Virus' Nagelsmann

Minggu, 6 November 2016 14:01 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Tidak sedikit yang mengakui jika Bayern Munchen akan terus mendominasi kompetisi Bundesliga Jerman dalam waktu yang cukup lama. Meski pesaing terdekatnya dalam beberapa musim terakhir adalah Borussia Dortmund, namun mereka masih tetap dapat memetik kemenangan.

Seiring berjalannya waktu, tampaknya dominasi Munchen lama-lama akan segera memudar. Selain Dortmund, kini muncul klub Hoffenheim yang di bawah kepelatihan Julian Nagelsmann telah membawa warna baru di kompetisi Bundesliga.

Hal itu dapat dilihat dari catatan statistik Nagelsmann yang berhasil membawa Hoffenheim hingga pekan ke-10 ini berada di posisi ketiga klasemen sementara Bundesliga 2016/17 dengan perolehan 20 poin. Menariknya, 20 poin ini diraihnya dengan memiliki catatan unbeaten alias belum terkalahkan.


Julian Nagelsmann, seakan datang sebagai 'virus' baru di Bundesliga 20161/17.

Nagelsmann pun seakan menjadi virus bagi Munchen sekaligus pelatih yang jauh lebih pengalaman darinya, Carlo Ancelotti. Meski dalam laga tersebut The Bavarians juga tidak kalah, namun tentu menjadi hasil yang cukup memprihatinkan, terlebih mereka memiliki skuat yang dihuni oleh barisan pemain berlabel bintang.

Hebatnya lagi, Nagelsmann saat ini masih berusia 29 tahun dan di usianya yang masih sangat muda di dunia kepelatihan itu tentu membuatnya memiliki rekor yang luar biasa. Dalam laga tersebut, bahkan Hoffenheim melalui taktiknya mampu unggul 1-0 lebih dulu atas Munchen melalui gol Kerem Demirbay di menit ke-16.


Para pemain Hoffenheim, merayakan selebrasi usai Kerem Demirbay mencetak gol lebih dulu ke gawang Bayern Munchen.

Uniknya lagi, gol yang didapat oleh Munchen untuk menyamakan kedudukan justru berasal bukan dari pemain mereka sendiri, melainkan gol bunuh diri dari pemain Hoffenheim, Steven Zuber.

Ya, memang musim 2016/17 masih panjang karena baru mau memasuki pertengahan musim. Namun jika melihat pencapaian yang diraih oleh Nagelsmann hingga pekan ke-10 ini, serta tetap konsisten hingga pekan ke-34 nanti, tentu bukan tidak mungkin Hoffenheim lolos ke Liga Champions di musim 2017/18 mendatang, bahkan juga berpeluang untuk mematahkan dominasi dari Munchen dengan menjadi juara Bundesliga 2016/17.


Pelatih Bayern Munchen, Carlo Ancelotti (kiri) dan Julian Nagelsmann.

Untuk mengetahui siapa itu Julian Nagelsmann dan bagaimana ia bisa melatih di usianya yang masih 29 tahun? Klik di sini.

317