Persib Bandung: Kecintaan Tim Pangeran Biru di Tanah Pasundan

Minggu, 20 November 2016 15:50 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Awal kisah terbentuknya Persib terjadi kala Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) didirikan pada tahun 1923. BIVB merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalisme melalui sepakbola.

BIVB pertama kali diketuai oleh Syamsudin. Kepemimpinan BIVB kemudian dilanjutkan R. Atot yang merupakan putra pejuang wanita Indonesia, Dewi Sartika.

Dalam aktifitasnya, BIVB merupakan salah satu organisasi yang membidani didirikannya Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui gagasan dari Ir Soeratin Sosrosoegondo. Selain BIVB, ada Voetbalbond Indonesische Jacatra (Persija Jakarta), Persatuan Sepakraga Mataram (PSIM Yogyakarta), Vortenlandsche Voetbal Bond (Persis Solo), Madioensche Voetbal Bond (PSM Madiun), Indonesische Voetbal Bond Magelang (PPSM Magelang), dan Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (Persebaya Surabaya), yang juga ikut andil membidani berdirinya PSSI.

Selain itu, BIVB akhirnya ikut dalam kompetisi Perserikatan pertama pada tahun 1933. Sayang, BIVB gagal juara usai kalah dari VIJ Jakarta di partai final.

Seiring berjalannya waktu, BIVB menghilang bak ditelan bumi. Lalu muncul dua perkumpulan lainnya dengan jiwa nasionalisme layaknya BIVB, yakni Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB).

Kedua klub tersebut akhirnya dilebur menjadi satu dengan nama Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (Persib) pada tanggal 14 Maret 1933. Anwar St. Pamoentjak ditunjuk sebagai Ketua Umum (Ketum) pertama Persib.
 


Piala-piala prestasi Persib Bandung.

Persib tumbuh menjadi tim yang terus menunjukkan kualitasnya. Tim Maung Bandung mampu keluar sebagai juara perdana kompetisi Perserikatan pada tahun 1939. 

Kemudian, Persib mampu kembali menjadi juara Perserikatan tahun 1961, 1986, 1990, dan 1994. Persib juga mampu menjadi juara Liga Indonesia pertama pada tahun 1995.

Lalu menjadi juara Indonesia Super League (ISL) 2014. Kemudian dilengkapi dengan raihan juara Piala Presiden 2015 dan Piala Wali Kota Padang 2015.
 


Skuat Persib Bandung saat ini.

Prestasi gemilang yang diraih Persib membuat mereka tak hanya dicintai masyarakat Bandung. Perlahan, Persib menjadi tim kebanggaan seluruh orang di tanah pasundan atau Jawa Barat. Bahkan, pendukung Persib merebak hingga daratan Tanah Air dan luar negeri.

Semua orang yang menyukai Persib disebut Bobotoh. Untuk organisasi suporter, Persib punya Viking Persib Club (VPC) yang didirikan pada tanggal 17 Juli 1993. Lalu merebak hingga muncul organisasi lainnya seperti Bomber dan lain-lain.

Meski begitu, mereka semua menyebut Persib selamanya selalu dihati. Tak ada yang bisa menggantikan tim Maung Bandung di hati mereka, meski banyak klub yang berdiri di beberapa kota kawasan Jawa Barat.

Dukungan rakyat Jawa Barat terhadap Persib sangat luar biasa. Setiap pelosok kota di Jawa Barat selalu menghentikan aktifitasnya untuk sekedar menyaksikan Persib bertanding. Bahkan, tak banyak dari mereka yang datang menyaksikan Persib bertanding secara langsung di stadion.

Persib bukan hanya sekedar klub yang dicintai masyarakat Bandung, tetapi telah menjadi tim kebanggaan dan kesayangan rakyat Jawa Barat. INDOSPORT akan mengulas bukti bahwa Persib menjadi tim kebanggaan dan kesayangan Jawa Barat dari beberapa narasumber ternama tim Maung Bandung:

788