Konflik Jakmania dengan Viking Mulai Disorot Media Asing

Rabu, 23 November 2016 06:42 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Jakmania, fans Persija Jakarta. Copyright: © Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Jakmania, fans Persija Jakarta.

Perselisihan atau pertumpahan darah, bahkan hingga meregang nyawa seakan sudah tidak asing lagi terdengar jika kedua fans tersebut bertemu.

Di tahun ini saja, banyak korban berjatuhan karena ulah dari sejumlah oknum suporter yang tak bertanggung jawab.


Jakmania, fans Persija Jakarta.

Ironisnya, kabar perseteruan keduanya ternyata sudah semakin meluas dan mulai diketahui oleh media luar negeri asal Inggris, Guardian.

Ya, belum lama ini, mereka telah mengangkat profil dan sejumlah insiden yang terjadi terkait perseteruan antara dua kubu yang tampaknya benar-benar sulit untuk bersatu tersebut.

Salah satunya adalah mereka membahas tentang kematian dari Muhammad Rovi Arrahman alias Omen, seorang fans berusia 17 tahun yang meninggal karena dikeroyok oleh sejumlah orang tak dikenal.


Guardian membahas tentang konflik antara Jakmania dengan Vikings.

Uniknya lagi, karena cukup banyak pemberitaan negatif yang berasal dari oknum Jakmania, Guardian bahkan menyebut Jakmania sebagai Hooligan-nya Jakarta. Alias fans garis keras dari Persija Jakarta.

Seperti yang telah diketahui oleh pencinta sepakbola sejati, sebutan hooligan sendiri memang memiliki arti sebagai fans fanatik dalam sebuah klub sepakbola di Eropa. Contohnya yang paling banyak adalah berasal dari negara Inggris sendiri.

Sebenarnya, sejumlah anggota Jakmania sendiri juga banyak yang menjadi korban dalam konflik tersebut. Tidak heran, jika Guardian membahas konflik yang tersaji dengan mereka.

Untuk mengetahui berita Guardian terkait Jakmania dan Viking, klik di sini.

1.5K