Piala AFF 2016

Rombak Format, Piala AFF 2018 Akan Berlangsung Lebih Panjang

Selasa, 13 Desember 2016 02:02 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

ASEAN Football Federation (AFF) selaku induk sepakbola negara-negara di Asia Tenggara mengumumkan akan mengubah formasi Piala AFF di penyelenggaraan berikutnya. AFF memutuskan untuk menambah kuota peserta menjadi 10 negara.

Setiap grup akan diisi oleh masing-masing 5 negara. Negara dengan peringkat 1-9  ranking AFF akan otomatis lolos ke babak penyisihan grup.

Sementara negara di peringkat 10-11 akan melakoni laga play off untuk memperebutkan jatah satu tiket di babak penyisihan grup. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada negara lain untuk bisa berpartisipasi lebih jauh.

Piala AFF akan berganti format dalam penyelenggaraan baru 2 tahun mendatang.

Perubahan radikal dilakukan juga pada putaran penyisihan grup. Setiap tim akan melangsungkan laga kandang dan tandang dalam babak penyisihan.

Ini artinya akan berdampak pada waktu pelaksanaan yang lebih panjang dari penyelenggaraan sebelumnya. AFF ingin membangkitkan gairah sepakbola ASEAN dengan memberikan kesempatan lebih banyak kepada masing-masing negara melangsungkan laga di depan publik mereka sendiri.

Tidak ada perubahan di fase semifinal dan partai final. Laga dua leg masih akan dipertahankan pada format baru yang akan dimulai 2 tahun mendatang.

2.4K