Piala AFF 2016

Alfred Riedl Terpilih Menjadi Pelatih Terbaik Piala AFF 2016

Rabu, 21 Desember 2016 09:48 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Timnas Indonesia memang gagal menjadi juara Piala AFF 2016 usai takluk di tangan Thailand dengan agregat 2-3. 

Meski gagal, Timnas tetap mendapat apreasiasi yang tinggi dari masyarakat Indonesia hingga Presiden RI, Joko Widodo. Maklum, Timnas dapat menunjukkan kualitasnya meski persiapan sangat mepet dan jumlah pembatasan pemain dengan hanya boleh mengambil dua penggawa dari satu klub.
 


Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl.

Tak hanya Timnas, sang pelatih, Alfred Riedl juga mendapat sebuah apresiasi. Riedl terpilih menjadi pelatih terbaik Piala AFF 2016.

Pelatih asal Austria itu dipilih menjadi juru racik formasi terbaik Piala AFF 2016 oleh sejumlah media asing, seperti Goal dan Football Channel Asia. Riedl dinilai mampu mengangkat Skuat Garuda yang tidak diperhitungkan menjadi tim yang menakutkan hingga melaju ke final.

Hal itu sangat wajar, mengingat hanya Riedl dengan Timnas yang mampu mengalahkan Thailand di Piala AFF 2016. Skuat Garuda pula yang menjadi satu-satunya tim yang mampu membobol gawang Thailand, yakni dengan torehan empat gol.
 


Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl.

Seperti diketahui, Thailand menyapu bersih kemenangan di Grup A dengan menumbangkan Indonesia (4-2), Singapura (1-0), dan tuan rumah Filipina (1-0). Lalu, The War Elephants mampu menang dengan agregat meyakinkan 6-0 atas Myanmar pada dua laga semifinal sistem kandang-tandang.

Thailand hanya takluk satu kali, yakni dari Indonesia dengan skor  2-1 dalam laga final leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 14 Desember lalu. Kemudian, The War Elephants membalasanya dengan kemenangan 2-0 atas Timnas pada laga final leg kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, tiga hari berselang.

4.9K