Piala AFF 2016

Hansamu Yama Pranata Masuk Nominasi Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2016

Sabtu, 24 Desember 2016 13:10 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek tengah Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata (kanan) masuk nominasi penghargaan pemain muda terbaik Piala AFF 2016. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek tengah Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata (kanan) masuk nominasi penghargaan pemain muda terbaik Piala AFF 2016.

Piala AFF 2016 memang telah resmi berakhir. Namun, sejumlah penghargaan individu belum secara keseluruhan diumumkan. Salah satunya adalah penghargaan pemain terbaik Piala AFF 2016.

Penghargaan pemain muda terbaik di Piala AFF 2016 akan diperebutkan sebanyak 10 penggawa. Salah satu penggawa yang masuk nominasi adalah bek tengah Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata. Hansamu menjadi pemain satu-satunya Skuat Garuda yang masuk ke dalam nominasi tersebut.

Penampilan bek tengah berumur 21 tahun tersebut memang sangat apik di pagelaran Piala AFF 2016. Ia mencetak dua gol penting untuk Timnas Indonesia. Padahal, ia baru bermain membela Skuat Garuda di Piala AFF 2016 pada babak semifinal.
 


Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

Ketika itu, Hansamu menggantikan peran Rudolof Yanto Basna yang terkena akumulasi kartu kuning di laga semifinal. Ia bersama Manahati Lestusen mampu menjadi tembok kokoh pertahanan Skuat Garuda di semifinal pertama.

Setelah itu, Hansamu tak tergantikan di jantung pertahanan bersama Fachrudin Aryanto. Ia berduet dengan Fachrudin pada laga semifinal kedua kontra Vietnam dan dua laga final menghadapi Thailand. 

Hansamu mencetak satu gol kala Skuat Garuda mengalahkan Vietnam 2-1 pada laga semifinal pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 03 Desember lalu. Kemudian, ia mencetak satu dari dua gol kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand pada laga final leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 14 Desember lalu.
 


Hansamu Yama Pranata (23) ketika melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Thailand.

Berikut 10 pemain yang masuk nominasi pemain muda terbaik berdasarkan situs resmi Piala AFF 2016:
 

No Nama Negara Posisi Umur
1. Hansamu Yama Pranata Indonesia Bek Tengah 21 Tahun
2. Aung Thu Myanmar Striker 20 Tahun
3. Kyaw Zin Phyo Myanmar Kiper 22 Tahun
4. Chanathip Sonkrasin Thailand Gelandang Serang 23 Tahun
5. Siroch Chatthong Thailand Striker 23 Tahun
6. Chan Vathanaka Kamboja Striker 22 Tahun
7. Luong Xuan Truong Vietnam Gelandang Tengah 21 Tahun
8. Matthew Davies Malaysia Gelandang Bertahan 21 Tahun
9. Anumanthan Kumar Singapura Gelandang Tengah 22 Tahun
10. Amani Aguinaldo Filipina Bek Tengah 21 Tahun
1.7K