Piala AFF 2016

(VIDEO) Gol Andik ke Gawang Singapura Masuk 10 Top Gol Piala AFF 2016

Sabtu, 24 Desember 2016 13:54 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Piala AFF 2016 memang telah resmi berakhir. Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2016 usai mengalahkan Indonesia dengan agregat 3-2 dengan sistem dua laga final.

Thailand telebih dahulu takluk 1-2 dari Timnas Indonesia pada laga final leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 14 Desember 2016. Kemudian, The War Elephants membalasnya dengan mengalahkan Boaz Solossa dan kawan-kawan 2-0 pada laga final leg kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, tiga hari berselang.

Kendati begitu, Timnas Indonesia boleh berbangga hati lantaran di luar dugaan dengan berbagai macam permasalahan, Skuat Garuda dapat melangkah ke babak final. Selain itu, Andik Vermansah menjadi aktor yang menambah kebanggaan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.
 


TImnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF 2016.

Pasalnya, gol Andik ke gawang Singapura masuk ke dalam 10 gol terbaik Piala AFF 2016. Timnas Indonesia saat itu menang 2-1 atas Singapura dalam laga terakhir babak penyisihan Grup A di Stadion Rizal Memorial, 25 November lalu. Kemenangan itu membawa Skuat Garuda melangkah ke babak semifinal mendampingi Thailand dengan status runner up Grup A, melalui raihan 4 poin dari 3 laga.

Gol Andik dicetak begitu indah dengan tendangan first time atau tanpa kontrol, usai menerima umpan silang Rizky Pora dari sisi kanan pertahanan Singapura pada menit ke-62. Gol tersebut merupakan penyama kedudukan setelah sebelumnya Singapura mencetak gol melalui Khairul Amri pada menit ke-27. Akan tetapi, Timnas Indonesia dapat mencetak gol kemenangan melalui Stefano Lilipaly pada menit ke-85.

Torehan tersebut merupakan satu-satunya gol Andik di Piala AFF 2016. Andik tidak dapat mencetak gol setelah pertandingan tersebut. Bahkan, ia harus mengakhiri Piala AFF 2016 dengan nasib sial usai menerima cedera ACL (Cruciatum Anterior Ligament) pada laga final pertama antara Timnas Indonesia kontra Thailand di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 14 Desember lalu. Cedera ACL sendiri terjadi karena adanya robekan pada cruciatum anterior ligamen dalam sendi lutut.
 


Gol Andik Vermansah ke gawang Singapura masuk ke dalam 10 top gol Piala AFF 2016.

Tak hanya itu, gol Andik kontra Singapura menjadi satu-satunya gol Timnas Indonesia yang masuk ke dalam 10 gol terbaik Piala AFF 2016. Sisanya ada gol dari striker Thailand, Siroch Chatthong saat mengalahkan Timnas Indonesia 2-0 pada laga final kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, 17 Desember lalu. Kemudian, ada pula gol yang dilesakkan Teerasil Dangda saat Thailand menang 4-2 atas Timnas Indonesia pada laga perdana Piala AFF 2016 di Stadion Olahraga Filipina, 19 November lalu.

Berikut video 10 gol terbaik Piala AFF 2016:

1.1K