Menerka 3 Nama Calon Pelatih Persija untuk Musim Depan

Senin, 26 Desember 2016 15:31 WIB
Editor: Gerry Anugrah Putra
 Copyright:

Prestasi Persija pada gelaran Torabika Soccer Championship (TSC) yang baru saja usai digelar terbilang mengecewakan. Anak asuh Mamak, panggilan untuk Zein Al Hadad, itu tercecer di papan bawah klasemen dengan hanya menempati peringkat 14 hasil dari 8 kemenangan, 11 seri, dan 14 kekalahan.

Torehan buruk itu pun membuat masa bakti Mamak Al Hadad tidak diperpanjang oleh manajemen Macan Kemayoran. Walaupun Kontrak pelatih asal Surabaya itu baru akan berakhir di penghujung tahun ini, Ferry Paulus selaku Presiden Persija telah mengutarakan bahwa timnya akan dibesut oleh pelatih asing guna mengarungi kompetisi ISL musim depan.

Mendatangkan seorang pelatih asing yang berpengalaman serta berkualitas jelas bukan perkara mudah bagi Persija. Seperti banyak diketahui, banyak faktor yang membuat beberapa calon pelatih dan pemain enggan memperkuat Macan Kemayoran dalam beberapa tahun belakangan. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi yakni Persija selalu tidak mempunyai kepastian menggelar pertandingan laga kandangnya.

Faktor itu dirasa penting oleh sebagian calon pelatih yang akan menahkodai Macan Kemayoran. Selama mengarungi kompetisi TSC musim lalu, Persija harus terusir dari kandangnya sendiri setelah stadion utama mereka, Stadion Utama Gelora Bung Karno harus mengalami renovasi hingga 2018. 

Dukungan tak kenal lelah dari suporter mereka, The Jakmania akan sangat terasa jika Macan Kemayoran bermain di SUGBK. Namun, secara perlahan, kehadiran mereka sedikit demi sedikit berkurang saat Persija mulai 'ngungsi' menuju Stadion Manahan, Solo, untuk menggelar pertandingan kandang. Faktor mengendurnya dukungan dari suporter yang membuat pencapaian Persija lepas landas di musim ini.

Pengusaha asal Manado itu telah menegaskan bahwa salah satu permintaan dari calon pelatih Macan Kemayoran musim depan adalah kepastian homebase untuk menggelar laga kandang. Bak gayung bersambut, Ferry Paulus pun mengutarakan bahwa dirinya telah mengambil ancang-ancang agar bisa menggunakan Stadion Patriot, Bekasi sebagai homebase tetap mereka. 

Jika masalah stadion dapat terselesaikan, maka fokus Persija selanjutnya adalah urusan pelatih anyar. Dalam beberapa hari terakhir, Macan Kemayoran tengah gencar mendekati pelatih asal Brasil yang kenyang pengalaman melatih di Liga Thailand. Namun, Ferry masih merahasiakan identitas calon pelatih anyar tersebut untuk musim depan.

Pelatih berkebangsaan Brasil itu memang menjadi satu-satunya nama kandidat arsitek Macan Kemayoran. Tetapi, jika dilihat dari kebiasaan Persija pada musim-musim sebelumnya, mereka kerap mempunyai alternatif calon pelatih lain jika gagal mendatangkangkan pelatih incarannya. 

Untuk itu, INDOSPORT mencoba merangkum tiga nama pelatih yang cocok membesut Si Jampang yang kini sudah saatnya bersaing untuk merebut gelar juara pada kompetisi musim depan. Berikut sajiannya:

Penulis: Muhammad Adiyaksa

838