Usai Piala Dunia Antarklub 2016, Australia Bakal Jadi Pengguna Perdana Teknologi Baru FIFA

Kamis, 29 Desember 2016 15:07 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Liga Utama Australia (A-League) akan mulai mengadopsi penggunaan Video Assistant Referees (VARs) di musim depan. Teknologi ini merupakan salah satu terobosan baru FIFA dalam pertandingan sepakbola.

Teknologi ini memungkinkan wasit untuk melihat tayangan ulang dari sebuah insiden yang terjadi di lapangan. VARs sendiri telah diperkenalkan di ajang Piala Dunia Antarklub 2016 di Jepang.

Ajang Piala Dunia Antarklub 2016 dianggap sukses menjadi ajang uji coba VARs di sepakbola.

A-League sendiri baru akan dimulai pada bulan April 2017 mendatang. Pihak Federasi Sepakbola Australia (FFA) sendiri sudah menyatakan kesiapannya mengadopsi teknologi ini.

Seperti dilansir dari The Age, laga antara Melbourne City melawan Adelaide United bakal menjadi pembuka pengadopsian VARs di A-League. Saat ini FFA tengah masuk dalam tahap terakhir uji coba sebelum digunakan di kompetisi mereka.

Meskipun masih menemui sejumlah kontroversi dari para pemain dan pengamat sepakbola, namun FFA yakin bahwa VARs bisa mengurangi insiden yang berpeluang jauh lebih kontroversial. FIFA sendiri akan mulai membahas soal VARs kepada sejumlah negara lain terkait penggunaan VARs mulai awal tahun depan.

408