Liga Primer Inggris

UEFA Beri 'Kado Spesial' untuk Hari Ulang Tahun Sir Alex

Sabtu, 31 Desember 2016 18:36 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Situs resmi federasi sepakbola tertinggi di Eropa, UEFA merilis artikel spesial yang ditujukan kepada pelatih tersukses di Liga Primer Inggris yang hari ini, Sabtu (31/12/16) merayakan ulang tahun ke-75, Sir Alex Ferguson. 

UEFA.com memilih lima pertandingan kunci dari karier Sir Alex Ferguson. Lima pertandingan tersebut disebut UEFA merupakan lima pertandingan yang mengubah takdir hidup dari Sir Alex Ferguson. 

Pertandingan pertama menurut UEFA.com ialah laga antara Aberdeen versus Real Madrid yang berlangsung pada 11 Mei 1983 di ajang final Piala Winners. Di momentum pertandingan ini, nama Sir Alex mulai diperhatikan banyak pihak. 

Kemampuan Sir Alex yang mampu membawa tim sekelas Aberdeen untuk sampai di partai puncak dan menghadapi raksasa La Liga Spanyol, Real Madrid mendapat pujian dari legenda hidup El Real, Alfredo Di Stefano. 

"Aberdeen tidak memiliki uang berlimpah untuk membeli pemain hebat tapi semangat tim yang dibangun membuat tradisi klub tersebut sangat kekeluargaan," kata Di Stefano kala itu. 

Selanjutnya ada debut pertama Sir Alex usai ditunjuk jadi pelatih Manchester United pada 06 November 1986. Sir Alex jadi pelatih di Old Trafford gantikan Ron Atkinson. 

Lalu ada pertandingan di musim 1993, musim Sir Alex persembahkan gelar pertamanya untuk tim berjuluk Red Devils tersebut. 

Selain pertandingan yang mendatangkan kenanangan manis untuk fans Manchester United, UEFA juga merilis pertandingan saat Manchester United terpuruk di awal kepelatihan pria Skotlandia tersebut. 

Serta ada final impian yakni final Liga Champions di Nou Camp saat Manchester United dengan sukses meraih titel liga Champions usai kalahkan Bayern Munchen dengan aksi dramatis. 

1.4K