Kandidat Pelatih Timnas Senior hingga Jenjang Umur: Eks Pelatih PSG sampai Indra Sjafri

Minggu, 8 Januari 2017 13:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Tengku Sufiyanto
© FOX Sports Football
Timnas Indonesia Piala AFF 2016 Copyright: © FOX Sports Football
Timnas Indonesia Piala AFF 2016

Keputusan siapa saja pelatih Timnas Indonesia senior hingga jenjang umur awalnya akan diumumkan pada Kongres Tahunan PSSI di Hotel Aryaduta, Bandung, Minggu (7/1/2016). Namun, PSSI menundanya dan akan mengumumkan pada rapat Anggota Eksekutif (Exco) pada esok hari atau minggu depan.

Meski begitu, PSSI telah membocorkan siapa saja yang bakal menukangi Timnas Senior rangkap U-22, U-19, dan U-15. Siapa saja mereka?
 


Mantan pelatih Timnas Spanyol U-21 menjadi kandidat utama latih Timnas Indonesia Senior dan U-22.

Dua nama pelatih asal Spanyol menjadi kandidat utama yang akan menukangi Timnas Senior dan U-22. Mereka adalah Luis Fernandez dan Luis Milla. Keduanya berpeluang menjadi suksesor Alfred Riedl yang terakhir kali menjadi pelatih Timnas Senior di ajang Piala AFF 2016. Seperti diketahui, PSSI tidak memperpanjang kontrak Riedl.

Luis Fernandez merupakan mantan pelatih Paris Saint-Germain (PSG) dan beberapa klub profesional di Prancis. Sementara itu, Luis Milla adalah mantan pelatih Timnas Spanyol U-21 yang membawa David de Gea dan kawan-kawan menjuarai Euro U-21 tahun 2011 silam.

Keduanya berpeluang merangkap jabatan melatih Timnas Senior dan U-22. Pasalnya, PSSI berkeinginan menggabungkan pelatih Timnas Senior, dan Timnas U-22 yang akan berkiprah di SEA Games 2017, Kuala Lumpur, Malaysia, akhir Agustus mendatang.
 


Indra Sjafri menjadi kandidat utama pelatih Timnas U-19.

Di sisi lain, PSSI sudah mengonfirmasi dua nama untuk melatih Timnas U-19 dan U-15. Untuk Timnas U-19, nama Indra Sjafri dan Wolfgang Pikal menjadi kandidat utama. Sedangkan Timnas U-16 ada nama Rudy Eka Priyambada dan Fachri Husaini.

"Nama-nama tersebut akan diumumkan dalam waktu dekat ini, mungkin seminggu ke depan, itu domainnya Exco. Jadi mereka yang memutuskan dengan rapat kembali," ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Berikut kandidat pelatih Timnas Indonesia senior hingga jenjang umur:

Pelatih Timnas Indonesia Senior dan U-22:

1. Luis Fernandes
2. Luis Mila

Pelatih Timnas Indonesia U-19: 

1. Indra Sjafri
2. Wolfgang Pikal 

Pelatih Timnas Indonesia U-15:

1. Fachri Husaini
2. Rudy Eka Priyambada

634