Oknum Bonek Diduga Bobol Kios di GOR Pajajaran

Senin, 9 Januari 2017 14:02 WIB
Editor: Ramadhan
© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Bonek Copyright: © Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Bonek

Kedatangan Bonek memang disambut baik oleh warga Kota Bandung, dalam hal ini pemerintah dan warga. Bahkan, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil atau Kang Emil menyediakan tempat tinggal sementara untuk Bonek selama di Bandung yakni di GOR Pajajaran dan GOR Takraw Lodaya.

Tak hanya itu, Bonek juga diberikan makanan. Hal itu terlihat saat istri Kang Emil, Atalia Praratya bergabung bersama Bonek sekaligus membagikan makanan.

Namun, meski sudah mendapatkan makanan, Bonek sedikit berulah. Sejumlah oknum yang diduga Bonek diketahui melakukan penjarahan dengan menjarah beberapa kios yang berada di GOR Pajajaran.

Terkait insiden itu, salah satu pemilik kios, Didin (56 tahun) mengatakan kecewa terhadap kelakuan anggota Bonek tersebut.

Padahal, kata Didin, meski tidak berjualan seperti hari biasa dia ikut membantu membagikan konsumsi berupa nasi bungkus untuk ribuan Bonek yang berkumpul di sekitar GOR Lodaya.

Aksi Bonek saat mengawal Kongres Tahunan PSSI 2017 di Bandung.

“Hampir semua warung yang tutup kena bobol. Itu warung yang pakai roda semua habis. Kunci dirusak, ada juga yang sampai kacanya dipecahin,” ujar Didin seperti diberitakan Tempo.co.

Didin mengaku kaget ketika diberitahu oleh satpam di GOR Pajajaran bahwa kiosnya dibobol oleh oknum yang diduga Bonek. Kejadiannya, lanjutnya, sekitar pukul 08.00 WIB, Minggu. “Kayanya mulai membobol pada dini hari hingga pagi hari tadi,” jelasnya.

Menurut dia, minuman kemasan yang sebelumnya berjejer penuh memadati kulkas miliknya, ludes digondol. “Saya biarin aja sih cuma foto-fotonya aja buat bukti,” katanya.

Pedagang lainnya, Ujang (58 tahun), mengatakan hal yang sama. Ujang mengaku kehilangan puluhan dus minuman kemasan dan uang receh sebesar Rp700 ribu yang awalnya tersimpan di laci kios

Sekitar pukul 18.00 WIB, Minggu (08/01/17), rombongan Bonek sudah mulai berkurang. Sebagian besar dari mereka telah kembali pulang menuju Surabaya. Sampah cukup banyak berserakan di sekitar halaman GOR Pajajaran. Puluhan kios di GOR Pajajaran terlihat rusak.

Sejumlah Bonek saat tiba di Kota Bandung untuk mengawal Kongres Tahunan PSSI.

“Berdasarkan sebagian yang sudah terdata ada 21 kios yang dibobol di sebelah utara. Tapi itu belum semuanya, total jumlahnya sekitar 60-an toko yang rusak,” kata Wakil Kepala Pengelola GOR Pajajaran, Suwardi.

Kehadiran Bonek mengawal Kongres Tahunan PSSI di Bandung memang akhirnnya tak sia-sia. Tim kebanggaan mereka, Persebaya Surabaya dipastikan akan kembali bermain di kancah sepakbola nasional, dalam hal ini tampil di Divisi Utama.

1.2K