Pantas Latih Timnas U-19, Ini 5 Kelebihan Indra Sjafri Si Juru Taktik Bintang Muda

Senin, 9 Januari 2017 19:48 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ramadhan
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Indra Sjafri mengatakan sebanyak 25 pemain Timnas U-19 dapat menempuh pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof. Dr. Rochmat Wahab M.Pd. M.A, Kamis (10/07/14). Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Indra Sjafri mengatakan sebanyak 25 pemain Timnas U-19 dapat menempuh pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof. Dr. Rochmat Wahab M.Pd. M.A, Kamis (10/07/14).

Indra Sjafri dan mantan asisten pelatih Timnas Senior, Wolfgang Pikal, menjadi dua kandidat calon pelatih yang bakal menukang Timnas Indonesia U-19. Keduanya ditetapkan sebagai kandidat pelatih Garuda Muda di Kongres Tahunan PSSI yang berlangsung di Bandung.

Kiprah Indra Sjafri untuk Timnas Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Ia sukses mengantar Skuat Garuda Muda, Timnas Indonesia U-1 9 menjuarai Piala AFF U-19 pada 2013 lalu. Evan Dimas dan kawan-kawan sukses menaklukan Vietnam di laga final dengan skor 7-6 lewat drama adu penalti.

Prestasi pelatih yang kini membesut Bali United itu membuat Menpora, Imam Nahrawi, mendukung jika nantinya PSSI memutuskan Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas.

Walaupun sebelumnya, Imam, menjadi pencetus ide bagi PSSI untuk mendatangkan pelatih level dunia sekelas Jose Mourinho dan Guus Hiddink.

“Ini ranah PSSI, yang penting Timnas dipimpin oleh pelatih yang tegas, keras, tapi familiar untuk pemain Indonesia, gapapa silakan. Dia (Indra) pernah menangani Timnas U-19 dan berjaya dan jadi pemenang,” ujar Imam.

Keinginan Imam Nahrawi mungkin sedikit terwujud karena PSSI memilih dua pelatih asing asal Spanyol yakni Luis Fernandez dan Luis Milla sebagai calon arsitek Timnas U-22 plus Senior. Secara pengalaman, Indra memang akhirnya dirasa lebih nyetel untuk menukangi para bintang muda.

Indra Sjafri saat memberikan arahan kepada para pemain muda di skuat Timnas Indonesia U-19.

Telah banyak makan asam garam sebagai juru taktik Timnas U-19 maupun klub, membuat kapasitas Indra Sjafri memang tak perlu diragukan. INDOSPORT mengulas sejumlah kelebihan Indra Sjafri yang dianggap layak untuk melatih Timnas U-19.

1.4K