Ranking FIFA Akhir 2017, PSSI Hanya Bidik Posisi di Bawah Thailand

Senin, 9 Januari 2017 15:20 WIB
Editor: Ramadhan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hansamu Yama (kedua dari kiri) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hansamu Yama (kedua dari kiri)

Memasuki tahun baru dan dipastikan bakal dibesut pelatih baru, Timnas Indonesia pun siap berbenah. Dalam rentang 1 tahun ke depan di 2017, PSSI selaku induk organisasi sepakbola Indonesia, bakal memaksimalkan performa Skuat Garuda demi mendongkrak peringkat di ranking FIFA.

PSSI sendiri sudah merencanakan sejumlah agenda untuk Timnas Indonesia di 2017, khususnya menjalani laga uji coba internasional. Laga-laga uji coba tersebutlah yang nantinya bakal dimaksimalkan Tim Merah Putih untuk meraup poin dan mengubah peringkat.

Terkait hal tersebut, Sekretasis Jenderal PSSI, Ade Wellington, menjelaskan bahwa pihaknya siap memaksimalkan sejumlah laga uji coba di rentang 2017 ini. Terutama dengan misi mendongkrak posisi Timnas yang kini menduduki peringkat ke-171 di ranking FIFA.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Wellington.

“Harapannya kemarin, kalau enggak salah kami plot di ranking 130 sampai 140 di akhir tahun. Masa kita kalah sama Thailand atau Filipina,” kata Ade Wellington kepada wartawan.

“Uji coba yang pertama itu dalam rentang Februari-Maret. Jadi, sebelum periode Juli-Agustus, kami maksimum ada 3 kali uji coba di FIFA match-day. Kami mesti pintar-pintar strategi dalam uji coba supaya peringkat kita bisa naik secara maksimal,” jelasnya.

Untuk lawan di laga uji coba nanti, pihak PSSI pun masih akan menjajal sejumlah kekuatan di level Asia Tenggara. Beberapa negara yang dianggap berada di atas level Indonesia akan menjadi lawan nantinya, meski Ade tak menampik bahwa negara Asia lainnya juga siap menjadi lawan.

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai meraih kemenangan di Piala AFF 2016.

“Sementara bayangan kami lawannya dari Asia Tenggara dulu. Saat ini yang punya level di atas kita kan Vietnam, Filipina, dan Thailand. Masih sekitaran mereka lawannya nanti,” tambahnya.

“Taiwan mengundang pada Desember. Selain uji coba, mereka juga melibatkan beberapa negara di Asia Tenggara. Kalau di akhir tahun kita punya agenda turnamen kecil ya kita tidak ikut, jadi kita hanya uji coba saja,” tuntasnya.

Timnas Indonesia sendiri sudah dipastikan tak akan dilatih lagi oleh Alfred Riedl. Dua nama yang mencuat di Kongres Tahunan PSSI, Minggu (08/01/17) kemarin adalah Luis Fernandez dan Luis Milla, yang merupakan pelatih asal Spanyol.

1.7K