The Best FIFA Football Awards

Gara-gara Chapecoense, FIFA Nobatkan Atletico Nacional Jadi Tim Fair Play

Selasa, 10 Januari 2017 01:47 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

FIFA menggelar malam anugerah penghargaan individu dan tim sepakbola bertajuk 'The Best FIFA Football Awards 2016', Zurich, Swiss, Selasa (10/01/17) dini hari WIB. Salah satu penghargaan yang diberikan adalah tim Fair Play.

Tim Fair Play akhirnya resmi dinobatkan kepada klub asal Kolombia, Atletico Nacional. Pasalnya, Atletico Nacional berjiwa besar menyerahkan gelar Copa Sudamericana 2016 kepada Chapecoense yang terkena musibah kecelakaan pesawat.
 


Chapecoense menerima juara Copa Sudamericana 2016.

Seperti diketahui, hampir seluruh pemain dan ofisial klub asal Brasil, Chapecoense harus meregang nyawa dalam kejadian kecelakaan pesawat maskapai LaMia Airlines dengan nomor penerbangan 2933. Pesawat nahas tersebut jatuh di kawasan pegunungan Kota Medellin, Kolombia, Senin (28/11/16).

Menurut New York Times dan Guardian, ada 77 orang yang meninggal dalam kecelakaan tersebut. 22 di antaranya pemain Chapecoense. Otoritas Kolombia merilis ada tujuh orang yang selamat, termasuk empat pemain Chapecoense, yaitu bek Alan Ruschel, Helio Neto, kiper Jakson Follmann, dan Marcos Danilo. Namun, Danilo meninggal ketika dalam perawatan di rumah sakit.

Ketika itu, Chapecoense menggunakan pesawat LaMia Airlines dengan nomor penerbangan 2933 untuk menghadapi klub asal Kolombia, Atletico Nacional dalam laga final Copa Sudamericana 2016, yang menggunakan sistem kandang-tandang.
 


Pesawat yang membawa tim dan ofisial Chapecoense mengalami kecelakaan.

Leg pertama dijadwalkan digelar di Medellin, Rabu (30/11/16). Sementara leg kedua dijadwalkan digelar di Curitiba, Brasil, seminggu kemudian.

Demi menghormati para korban, Atletico Nacional menyarankan Federasi Sepak Bola Amerika Latin (CONMEBOL) untuk menyerahkan gelar juara kepada Chapecoense. Conmebol akhirnya menerima saran tersebut dengan menobatkan Chapecoense sebagai juara Copa Sudamericana 2016.

Trofi Copa Sudamericana 2016 akhirnya secara resmi diserahkan kepada Chapecoense dalam acara pembagian grup Copa Libertadores 2017.

987