Piala Liga Inggris

(CUPLIKAN GOL) Man United 2-0 Hull City: Dua Gol Setan Merah Benamkan Hull City

Sempat bermain membosankan di babak pertama, Manchester United berhasil memecah kebuntuan di babak kedua dan menyudahi pertandingan semifinal leg pertama melawan Hull City dengan skor 2-0, Rabu (11/01/17).
Rabu, 11 Januari 2017 05:10 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Gema Trisna Yudha
© Internet
Para pemain Manchester United melakukan selebrasi usai Marouane Fellaini mencetak gol ke gawang Hull City. Copyright: © Internet
Para pemain Manchester United melakukan selebrasi usai Marouane Fellaini mencetak gol ke gawang Hull City.

Manchester United yang bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu mengambil inisiatif penyerangan. Pertandingan baru berjalan dua menit, Setan Merah mulai mengancam melalui Juan Mata yang memanfaatkan umpan mendatar dari Mkhitaryan. Namun tembakan gelandang asal Spanyol ini masih mampu di blok oleh penjaga gawang Hull City, Jakupovic.

Pada menit ke-7, tim tuan rumah kembali mengancam. Kali ini melalui Rashford yang memanfaatkan umpan dari Matteo Darmian. Namun sayang tembakan Rashford masih membentur pemain belakang Hull city. 

Mkhitaryan kembali mengancam di menit ke 19, ketika Juan Mata memberikan umpan tarik, namun sayang lagi-lagi tembakannya masih tidak membuahkan hasil.

Selang lima menit, Mkhitaryan lagi-lagi membuang peluang untuk mencetak gol, setelah sukses melewati hadangan Clucas, pemain 27 tahun itu langsung melepaskan tendangan dari luar kotak penalti Hull City, tapi bola meluncur ke samping gawang. 

Pogba juga tidak kalah sialnya, di menit ke-28 pemain termahal dunia tersebut nyaris membuka skor bagi United, namun tembakannya masih bisa ditepis oleh Jakupovic.
 
Hull City justru hampir mencuri gol lebih dulu melalui aksi free kick Snodgrass yang mengarah ke kotak penalti Setan Merah dan berhasil dibelokkan oleh Hernandez ke tiang jauh. Diomande kemudian meneruskan bola melalui sundulan, namun upaya sang penyerang masih menghantam mistar gawang.

Sama seperti babak pertama, Manchester United masih mandul di awal babak kedua. Mendapatkan beberapa peluang mencetak gol, Rooney cs masih belum mampu memaksimalkannya menjadi gol. 

Pada menit ke 51, umpan terobosan Pogba berhasil diterima dengan baik oleh Rooney yang tinggal berhadapan dengan Jakupovic di kotak penalti. Namun sayang, si nomor 10 kembali gagal memanfaatkan peluang lantaran tembakannya masih melebar. 

Baru pada menit ke-56 tim tuan rumah berhasil memecah kebuntuan, sepakan jarak dekat Juan Mata yang memanfaatkan assist dari Mkhitaryan, berhasil menggetarkan jala gawan Hull City. 1-0 untuk Setan Merah.

Manchester United hampir saja menggandakan peluang lewat tendangan bebas Paul Pogba di menit ke'73. Namun sayang, tembakan mantan gelandang Juventus ini masih membentur tiang.

Sementara Hull City masih belum memberikan ancaman yang berarti di babak kedua ini. Mereka hanya mencoba melepaskan tendangan spekulasi untuk mencoba menyamakan kedudukan.

Di menit ke-87, Marouane Fellaini yang masuk menggantikan Juan Mata berhasil menggandakan keunggulan United dengan memanfaatkan assist dari Matteo Darmian. 2-0 untuk tuan rumah.

Tidak ada gol lain yang tercipta hingga peluit panjang berbunyi. Dengan hasil ini Manchester United memiliki modal berharga ketika bertandang ke markas Hull City pada leg kedua nanti. Hasil ini juga menjadikan debut buruk pelatih baru Hull, Marco Silva kala kunjungan perdananya ke Old Trafford.

Susunan pemain:

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Valencia, Jones, Smalling, Darmian; Herrera, Pogba; Mata, Rooney, Mkhitaryan; Rashford
Cadangan: Romero, Blind, Fosu-Mensah, Carrick, Fellaini, Lingard, Martial
Pelatih: Jose Mourinho

Hull City (3-4-2-1): Jakupovic; Robertson, Maguire, Huddlestone; Tymon, Meyler, Clucas, Mason; Snodgrass, Henriksen; Diomande
Cadangan: Hernandez, Maloney, Weir, Marshall, Bowen, Clackstone.
Pelatih: Marco Silva